Kupu-Kupu Sayap Burung Terbesar Di Dunia Ada Di Papua

Satu lagi keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia. Kupu-kupu terbesar di dunia atau juga dikenal sebagai Birdwings alias kupu-kupu sayap burung. Selama ini di pulau Jawa sering kali kupu-kupu yang terlihat adalah kupu-kupu berwarna coklat kayu yang ukurannya tidak lebih dari genggaman tangan orang dewasa. Tidak menarik dilihat. Walaupun begitu kemungkinan warna coklat kayu memang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri kupu-kupu, yaitu sebagai kamuflase di ranting-ranting pohon.

Tetapi di wilayah Indonesia timur khususnya Papua, Anda akan disuguhi pemandangan kupu-kupu yang tidak biasa. Kupu-kupu berukuran besar dengan ragam warna dan corak yang indah menawan. 

Birdwings atau kupu-kupu sayap burung adalah sebutan dari berbagai jenis spesies kupu-kupu endemik yang berada di Asia Tenggara, Australasia, dan India. Di Indonesia, kupu-kupu sayap burung ada dengan konsentrasi endemik di Pulau Papua dan Maluku. Kupu-kupu sayap burung yang telah diindentifikasi ada sekitar 36 spesies yang terbagi ke dalam tiga kelompok genus, yaitu; Ornithoptera, Trogonoptera, dan Troides.

Kupu-kupu terbesar di dunia saat ini adalah Queen's Alexandra Birdwing dan Goliath Birdwing. Keduanya adalah spesies kupu-kupu dari genus Ornithoptera. Spesies kupu-kupu sayap burung dari Papua dan Maluku umumnya banyak dari genus Ornithoptera.

Kupu-kupu jenis ini diketahui dunia pertama kali mulai pada awal abad ke-18. Para pelancong berkebangsaan Eropa berkunjung ke Papua, sewaktu masuk ke dalam hutan lebat disana mereka melihat kupu-kupu ini dan pada awalnya mereka mengira kupu-kupu itu adalah burung yang tengah terbang melintasi hutan karena ukurannya yang besar, bentuk sudut sayap dan cara terbangnya. Dan inilah beberapa penampakan kupu-kupu bersayap burung yang mendiami pulau Papua :

Kupu-kupu Sayap Burung
kupu-kupu sayap burung
Kupu-kupu sayap burung
Ornithoptera sp
Ornithoptera sp

Peta Persebaran Kupu-Kupu Sayap Burung
Pulau Papua memang terkenal sebagai wilayah dengan koleksi keragaman hayati yang kaya. Peneliti masih menemukan berbagai jenis spesies mahluk hidup dari serangga sampai mamalia di padalaman hutan Papua. Bahkan tahun 2010 an ada pengakuan dari orang yang kaya mendadak karena berhasil menemukan bongkahan emas seberat beberapa kilogram di Papua. Ia mengaku sewaktu memasuki wilayah hutan di Papua, ia melihat mahluk besar terbang yang menyerupai bentuk ular naga di hutan pedalaman Papua. Gimana? Apa ngga keren itu hutan?

Kawasan Pegunungan Arfak di kawasan utara Papua adalah pusat terbesar penyebaran kupu-kupu jenis ini. Adapun di Papua Nugini, pusat sebaran adalah hutan di Provinsi Oro, Papua Nugini Timur. Akibat keindahan dan keunikannya, kupu-kupu sayap burung terancam punah akibat perburuan. Kupu-kupu besar dan indah ini diburu untuk dijual sebagai koleksi para kolektor. Karena memang indah sekali dilihatnya.

Beberapa Jenis Kupu-Kupu Sayap Burung
Di bawah ini ada beberapa gambar kupu-kupu sayap burung dari genus Ornitoptera.

Ornithoptera goliath
ornithoptera goliath
Ornithoptera goliath
ornithoptera goliath
Ornithoptera goliath
ornithoptera goliath
Yang atas jantan, yang bawah betina
Kupu-kupu sayap burung goliath (Ornitophtera goliath) memiliki tubuh ukuran diameter sekitar 28 cm. Ini adalah jenis kupu-kupu terbesar kedua di dunia setelah kupu-kupu sayap burung Ratu Aleksandra (Ornithoptera alexandrae) yang diameter tubuhnya sekitar 33 cm. Habitat kupu-kupu goliath ada di berbagai hutan hujan Papua.

Ornithoptera alexandrae
Ornithoptera alexandrae
Ornithoptera alexandrae
Ornithoptera alexandrae
Ornithoptera alexandrae
Kupu-kupu sayap burung Ratu Aleksandra di temukan berada di hutan Provinsi Oro, Papua. Kupu-kupu jenis ini adalah kupu-kupu terbesar di dunia dan paling langka dari semua kupu-kupu bersayap burung di dunia.

Kupu-kupu ini menjadi incaran para kolektor kupu-kupu atau serangga di dunia. Sama nasibnya dengan sepupunya kupu-kupu sayap goliath di atas. Para kolektor menangkapnya untuk di jadikan koleksi pribadi.

Akhirnya Alexandrae menjadi salah satu dari beberapa spesies kupu-kupu di seluruh dunia yang dilindungi hukum. Bagi pelanggar yg menangkap dan menjual secara ilegal akan mendapat hukuman besar termasuk hukuman penjara. Harga Alexandrae saat ini sampai dengan $15.000 atau sama dengan Rp.150 juta (Kurs 1 dollar : Rp.10.000,-) per pasang. Tinggi banget ya.. Siapa yang nggak ngiler ama harganya.

 Dan ini habitat kupu-kupu bersayap burung gan :

Ornithoptera alexandrae
Hutan hujan Papua
Dan ini penampakan pas lagi terbang gan :

Ornithoptera alexandrae
Kupu-kupu sayap burung
Memang mirip burung ya kalau dilihat dari bawah..
Segini dulu deh.. Kapan-kapan gambar dan informasi akan di update kalau lagi senggang.


===0===



Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Birdwing


EmoticonEmoticon