7 Seni Bela Diri Paling Efektif Untuk Pertarungan Jalanan

Adakah jenis bela diri yang paling efektif untuk pertarungan jalanan atau real fight / street fight?
Ini pertanyaan sulit, karena memilih 1 yang terbaik dari begitu banyak jenis bela diri di dunia tentu bukan perkara gampang. Di Indonesia saja ketika artikel ini dibuat, setidaknya ada ratusan perguruan Pencak Silat yang kesemuanya memiliki tehnik sendiri-sendiri. Belum lagi bila ditambah dengan seni bela diri dari negara-negara lain daftarnya tentu semakin panjang. Kami percaya jika semua seni bela diri diciptakan bukan untuk sekedar iseng, tetapi murni untuk kepentingan self defence. Tetapi memilih bela diri yang paling efektif / The Most Effective itu sungguh sulit.

Namun diantara banyak disiplin bela diri yang ada, yang mana kira-kira yang paling banyak direkomendasikan para praktisi bela diri untuk pertarungan jalanan?

Pertanyaan ini membawa Uniklopedia mencoba menelusuri jawabannya dengan mengumpulkan pendapat para praktisi bela diri yang tersebar di beberapa website berbahasa Inggris. Dengan dibantu Google, akhirnya kami mengumpulkan pendapat-pendapat para praktisi bela diri.

Hasilnya mengejutkan sodara-sodara.
Dari pendapat puluhan para praktisi beladiri ketika ditanya beladiri apa yang paling efektif untuk real fight / street fight hampir semuanya kompak menjawab :

"Tidak Ada"

Ya, mengecewakan memang, tapi menurut mereka memang begitulah kenyataannya. Alasannya adalah faktor yang menentukan seseorang untuk dapat menang di street fight situation itu banyak, tidak hanya terletak pada bela diri itu sendiri. Ada faktor fisik, faktor mental, faktor stamina, faktor bakat, faktor pengalaman dan faktor latihan. Itu pun masih ditambah faktor eksternal seperti jumlah lawan yang dihadapi, senjata yang digunakan lawan, kemampuan bela diri lawan, dan lain sebagainya.

Ternyata faktor bela diri harus ditopang dengan faktor lain sebanyak itu. Ringkasnya para praktisi itu berpendapat efektif atau tidaknya sebuah seni bela diri sangat tergantung pada orangnya juga.

Hal ini menjelaskan kenapa ada praktisi beladiri bisa kalah berantem sama preman-preman yang nggak ngerti beladiri di jalan.

Banyak praktisi beladiri yang justru menyarankan :

"Apabila Anda tidak ingin kalah berkelahi melawan siapapun, maka solusi yang terbaik adalah jangan berkelahi dengan siapapun."

Klise banget ya? Tapi kami setubuh setuju dengan pendapat ini. Karena sifat dari pertarungan jalanan adalah "no rules" dan "no referee" maka apapun dapat terjadi bahkan hingga kemungkinan terburuk. Oleh karena itu solusi terbaik nomer satu adalah hindari konflik sebisa mungkin. Jangan mencari-cari dan memancing-mancing perkara. Solusi terbaik nomer dua jika terjebak di situasi tersebut adalah menghindar, dan jangan sok jago, kalau perlu teriak minta tolong, atau lari. Dua tips itu adalah solusi terbaik.

Lalu bagaimana dengan bela diri?
Bela diri mereka tempatkan sebagai opsi terakhir. Artinya kalau memang sudah sangat terpaksa dan tidak ada cara untuk menghindar ya gunakan bela diri.

Lalu pertanyaan berlanjut..
Terus, kalau nggak ada jenis bela diri yang bisa disebut "The Most Effective" lalu kira-kira apa saja bela diri yang banyak direkomendasikan untuk pertarungan jalanan?

Jawabannya : "Ada beberapa"

Tapi tidak ada yang memberi jawaban sama persis. Setiap praktisi beladiri punya daftarnya sendiri-sendiri berdasarkan pengamatan, pembelajaran, dan pengalaman masing-masing. Para praktisi tersebut juga menekankan bahwa pertarungan jalanan / street fight situation tidak sama dengan pertarungan di MMA. Jadi jangan sampai Anda mengira kedua hal tersebut sama.

Perbedaan Real Fight dan MMA
Turnamen Mixed Martial Arts walaupun bisa dikatakan sebagai tarung bebas, tetap ada peraturan dan wasit. Petarungnya pun bertarung dalam kondisi sangat siap tempur, karena udah persiapan jauh-jauh hari. Resiko cidera dapat diminimalisir. Dan yang jelas MMA adalah pertarungan yang fair.

Sementara street fight / real fight enggak ada peraturan apalagi wasit. Jangan mengharapkan pertarungan akan berjalan fair. Kondisi di street fight situation sering tidak terkontrol, Anda dapat diserang dari belakang atau dikeroyok, belum lagi kalau ada yang pakai senjata macam balok kayu, batu, atau senjata tajam semacam pisau. Saat kita lagi 1 vs 1, bisa saja tiba-tiba ada yang menikam tengkuk kita dari belakang. Lengah dikit ya wassallam kita

Jadi dengan kondisi medan pertarungan seperti itu jenis bela diri seperti apa yang cocok dan efektif?

Para praktisi beladiri yang kami baca pendapatnya mengatakan sebenarnya semua jenis bela diri bisa digunakan untuk street fight / real fight situation. Namun ketika diminta membuat daftar jenis bela diri yang paling direkomendasikan untuk pertarungan jalanan, ternyata ada beberapa jenis bela diri yang sering muncul dalam daftar mereka.

Dan dibawah ini adalah 7 jenis bela diri yang Uniklopedia anggap layak untuk dijadikan referensi sebagai bela diri yang paling efektif untuk pertarungan jalanan.

1. Boxing / Tinju
Boxing
martialartstraining.tv

How effective is boxing for self-defense?
The easy answer: It’s very effective.
(Wim Demeree)

Wim Demeree adalah guru martial art & self defence dari Brussel Belgium yang telah menekuni seni bela diri selama lebih dari 30 tahun. Ia mengatakan : keunggulan boxing adalah simpel, pragmatis, dan bisa dikatakan paling aplikatif di lapangan. Ia tidak hanya berbahaya di ring tetapi juga di jalanan.

Helio Gracie sang pencipta Gracie JiuJitsu atau Brazilian JiuJitsu memuji boxing sebagai bela diri paling efektif setelah Brazilian Jiu Jitsu.

Ringkasnya ada 3 komponen yang membuat Boxing sangat efektif untuk self defence.
-Punch.
Fokusnya hanyalah melatih kedua tangan dengan sedikit variasi serangan pukulan saja, tetapi terus meningkatkan kekuatan pukulan kedua tangan sampai memiliki pukulan yang sangat kuat dan cepat.

-Defense.
Melatih cara mengatasi serangan seperti menangkis serangan, menutup serangan lawan, menghindari serangan lawan seperti mengelak, serta cara mengatur dan menjaga jarak dengan lawan.

-Repeat.
Anda hanya perlu melatih dua hal di atas terus menerus sampai Anda mahir.

Pada prinsipnya hanya 3 hal itu saja. Memang terasa sangat sederhana, namun setelah kami cek di youtube, bela diri boxing ternyata memang sangat efektif untuk real fight situation. Lawan sulit melayangkan 1 pukulan saja ke wajah praktisi boxing karena praktisi lincah sekali mengelak pukulan lawan, dan beberapa video yang kami lihat, para praktisi mengalahkan lawan yang mengeroyok mereka cukup dengan 1 pukulan saja. Ya, 1 pukulan saja, tidak 2 apalagi banyak pukulan. Cukup 1 pukulan kuat ke arah rahang lawan, dan lawan langsung tumbang tersungkur di jalanan. Kesan yang kami lihat, boxing sangat simpel, effortless, tapi sungguh efektif. Link video silakan ubek-ubek sendiri di youtube ya. Nyarinya ga susah kok.

Boxing bisa digunakan untuk pertarungan tangan kosong 1 vs 1 bahkan 1 vs keroyokan sampai 3 orang juga masih efektif. Anda dapat kombinasikan dengan tehnik grapling Gracie Jiu jitsu atau tehnik bantingan Judo agar lebih lengkap tehnik Anda untuk segala situasi pertarungan. Buat jaga-jaga kalau Anda terjatuh dan harus bertarung ground fighting.

Dalam sejarah, bela diri tinju memiliki legenda tinju yang sangat tangguh. Ia bernama Theagenes dari Yunani. Konon ia telah bertanding sebanyak 1.406 kali selama hidupnya dan dikenal sebagai juara olimpiade di cabang tinju pada 450 SM.Tentunya ia juga telah membunuh banyak petarung karena sarung tinju yang dikenakan pada waktu itu di isi benda keras seperti lempengan logam. Theagenes benar-benar petarung jalanan dan turnamen yang sangat tangguh.

Uniklopedia menempatkan bela diri ini di urutan pertama. Pertanda jenis bela diri ini high recommended. Selain itu di Indonesia sanggar tinju tidak terlalu sulit ditemukan, kalaupun tidak ada, latihan sendiri juga bisa, tehnik bisa lihat di youtube atau beli DVD tinju. Orang latihannya cuma itu-itu saja, tidak ada jurus rahasia atau jurus yang mengharuskan memakai jenis pernafasan tertentu. Simpel, pragmatis, efisien dan efektif!

2 Muay Thai
Muay Thai
thai-boxing.org

"Muay Thai - The Ultimate in Self Defence"
(Ajarn Nick Hewitson)

Ajarn Nick Hewitson pemegang sabuk hitam di 14 seni bela diri termasuk pemegang 6th Dan di Tae Kwon Do. 2 kali juara dunia Muay Thai Boxing dan tak terkalahkan di 120 pertandingan profesional. Ia berkata : Thai Boxing atau Muay Thai adalah The Most Effective Self Defense System in The World alias sistem bela diri paling efektif di dunia. Menurut Hewitson Muay Thai juga dijuluki sebagai "King of The Ring" karena menurutnya Muay Thai telah banyak mengalahkan berbagai macam jenis bela diri lainnya di arena pertandingan.

Muay Thai atau Thai Boxing berkembang ratusan tahun yang lalu di Thailand dan kini ia telah menjelma menjadi olahraga nasional bangsa Thailand. Muay Thai turunan dari seni bela diri bernama "Muay Boran" yaitu versi Muay Thai yang lebih brutal. Pada masa pemerintahan Raja Phra Cao Sua (1702), yang juga dikenal dengan “Tiger King”, dia menggunakan Muay Thai untuk seluruh bala tentaranya.

Muay Thai disebut juga sebagai seni 8 anggota badan karena benar-benar memaksimalkan 8 titik tubuh sebagai senjata, 8 titik tersebut adalah 2 pukulan, 2 tendangan, 2 lutut, dan 2 siku. Dalam Muay Thai kepalan tangan diibaratkan sebagai pedang dan belati, tangan dan lengan bertindak sebagai tameng, siku digunakan sebagai gada atau palu, kaki dan lutut bertindak sebagai kapak, sedangkan tubuh mengoperasikan 8 titik tersebut menjadi satu kesatuan mesin tempur.

Tehnik bertarung Muay Thai secara umum ada 5 bagian : Tehnik Pukulan, Tehnik Siku lengan, Tehnik Tendangan, Tehnik Serangan Lutut, dan Tehnik Dorongan Kaki. Selain itu Muay Thai juga dilengkapi Clinch fighting & Bantingan. Untuk menghindari pukulan lawan yang bertubi-tubi, petarung bisa memperpendek jarak dengan melakukan pelukan / clinch. Dalam jarak dekat, petarung bisa melakukan bantingan.

Hewitson menyebut Muay Thai adalah olah raga full body contact paling keras. Hampir seluruh tehniknya aplikatif untuk pertarungan baik untuk MMA maupun pertarungan jalanan. Ia juga bisa digunakan untuk pertarungan tangan kosong 1 vs 1, dan masih efektif untuk 1 vs 3 orang. Ia juga masih berbahaya untuk dilawan petarung dari disiplin beladiri lainnya. Keefektifan tehnik dan gaya bertarungnya dijamin oleh banyak praktisi bela diri di seluruh dunia.

Dalam sejarahnya Muay thai juga memiliki legenda petarung yang sangat tangguh. Tahun 1774 telah dikenal petarung bernama Nai Khanom Tom, karena perangnya melawan Burma. Waktu itu ia tertangkap bersama dengan beberapa orang dari kota Siam (sekarang Thailand) yang bernama Ayyuthaya, lalu dipenjara di Burma. Nai Khanom Tom adalah petarung hebat pada masanya. Ia mewakili teman-temannya dalam sebuah kontes pertarungan yang diadakan Raja Mangra. Tanpa halangan ia pun berhasil mengalahkan sepuluh petarung terbaik Burma sekaligus dengan tangan kosong. Setelah itu Raja memberikan kebebasan sebagai hadiahnya, dan ia pun kembali ke Ayyuthaya sebagai seorang pahlawan.

Uniklopedia meletakkan Muay Thai di urutan kedua. Dan merekomendasikan Muay Thai setelah Boxing. Tehniknya terbilang mudah dipelajari, sangat aplikatif di lapangan, namun butuh latihan serius dan kontinyu untuk melatih tubuh, melatih kekuatan pukulan dan tendangan. Dapat dikombinasikan dengan Gracie Jiu jitsu untuk melengkapi keperluan ground fighting. Muay Thai sendiri mulai populer di Indonesia, nampaknya tidak terlalu sulit untuk mencari sanggar dan partner berlatih.

3. Pencak Silat
silat for the street
silatforthestreet.com

"Silat is a truly amazing and combat-efficient martial art developed across Southeast Asia"
(Burton Richardsons)

Burton Richardsons adalah salah satu instruktur bela diri fungsional paling dicari di dunia. Setiap tahun ia diundang di berbagai negara untuk memberikan seminar dan kursus privat kepada instruktur seni bela diri, murid-murid dari perguruan bela diri, personil militer dan anggota kepolisian.

Semua orang Indonesia pasti pernah mendengar seni bela diri pencak silat. Tapi saat artikel ini ditulis ternyata masih jarang orang tertarik karena pencak silat umumnya terlalu banyak tarian. Tarian tidaklah aplikatif untuk bertarung dan tidak akan efektif untuk pertarungan jalanan.

Tapi kami pernah melihat perkelahian dimana 1 siswa SMA menang melawan 7 siswa SMA lain yang mengeroyoknya. Siswa tersebut adalah murid salah satu perguruan silat di Banten.

Di kesempatan lain kami pernah melihat bapak paruh baya yang diserang 2 pemuda bersenjata pisau di Bogor tetapi bapak tersebut dapat melumpuhkan 2 pemuda tersebut. Tehnik yang kami lihat adalah tehnik tangkapan khas silat.

Jadi apakah silat efektif untuk pertarungan jalanan?
Menurut Burton Richardsons silat efektif untuk real fight situation. Tehnik silat mengandung banyak jurus yang fokus menyerang titik-titik vital tubuh manusia. Prinsip serangan silat adalah melumpuhkan lawan secepat mungkin dengan menyerang bagian vital lawan dengan jurus yang bertumpu pada kecepatan. Pada awalnya Silat memang bukan diciptakan untuk kepentingan olah raga, tetapi murni self defence.

Silat Untuk MMA
Burton Richardsons pernah mencoba untuk bertarung di MMA dengan menggunakan silat, dia mencoba untuk menyesuaikan gerakan silat agar sesuai dengan peraturan MMA. Setelah trial & error mencari jurus yang cocok untuk MMA selama beberapa bulan Richardsons akhirnya menyerah. Kesimpulan yang ia dapatkan adalah silat yang ia pelajari tidak cocok untuk MMA. Banyak tehnik yang tidak bisa dipakai karena ilegal di MMA, walaupun silat bagus di clinch fighting tetapi lemah di ground fighting, padahal para petarung MMA jago ground fighting.

Tetapi bila pertanyaan apakah Silat cocok untuk real fight?
Richardson selalu mengajarkan beberapa tehnik silat yang cocok untuk keperluan real fight situation di berbagai seminarnya. Ia bahkan menganjurkan para praktisi bela diri untuk melengkapi skill bela dirinya dengan beberapa tehnik silat.

Di salah satu website martial arts luar, ketika membahas bela diri yang paling efektif untuk pertarungan sungguhan, ia memasukkan pencak silat sebagai 1 dari 5 bela diri paling efektif di dunia.

Sayang sekali kami tidak bisa menentukan perguruan pencak silat mana yang paling bagus. Di Indonesia saja pada tahun 2013 ada sekitar 200 an perguruan Pencak Silat yang terdaftar. Kesemuanya memiliki tekniknya sendiri-sendiri.

Namun apabila Anda ingin rekomendasi dari Uniklopedia, setelah melihat beberapa demo pencak silat dari beberapa aliran pencak silat di youtube, kami merekomendasikan Anda untuk melihat silat Harimau dan silat Kerbau dari tanah Minang. Silat Harimau punya gestur yang kokoh, jurus-jurusnya unik, sangat solid dan brutal. Menurut pengamatan kami, silat Harimau apabila diadu dengan bela diri luar pun bakal menjadi lawan yang sangat sulit. Sementara silat Kerbau begitu mirip dengan bela diri Keysi Fighting Method asal Spanyol yang diciptakan khusus untuk bela diri jalanan. Silat Kerbau sangat cocok untuk pertarungan jalanan. Uniknya silat Kerbau justru diajarkan dan disebarkan oleh orang Italia. Sementara di Indonesia sepertinya aliran ini sudah sangat langka.

Di Eropa Anda bisa melihat silat dalam bentuk murni, tidak ada seni gerak, tetapi murni self defence. Ada beberapa instruktur bela diri luar negeri yang dapat Anda cek di Youtube. Salah satunya adalah Franck Ropers. Pria asal Prancis yang belajar silat turunan dari aliran PSHT. Di tangannya silat bahkan diadopsi jadi bela diri militer beberapa pasukan khusus di Prancis.

Di bawah ini adalah 1 video semacam studi banding krav maga dengan silat. Krav maga dikenal salah satu self defence paling brutal dan paling efektif di dunia. Tehnik krav maga dapat Anda lihat di video ini, dan silat juga menunjukkan tehnik-tehniknya yang tidak kalah brutal dan efektif dari krav maga.

===Link Under Construction===

Untuk tokoh silat yang tangguh ada banyak. Namun tidak banyak catatan sejarah yang menulisnya. Kebanyakan adalah cerita dari mulut ke mulut dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah Sabeni, legenda silat pencipta jurus "Kelabang Nyebrang". Konon ia selalu menang bertarung melawan musuh, bahkan melawan beberapa pendekar kung fu dari Cina. Dan konon beliau mampu mengalahkan beberapa petarung karate asal Jepang dalam usianya yang sudah menginjak 83 tahun.

Uniklopedia merekomendasikan Pencak Silat bukan karena itu produk nenek moyang, tetapi karena memang bela diri ini ditujukan untuk melumpuhkan dan membunuh lawan dengan gerakan secepat kilat. Tehnik-tehnik Silat seperti colok mata sampai tendang selangkangan dijamin tokcer untuk menyudahi pertarungan dengan cepat.

4. Krav Maga
Krav Maga
mistertopten.com

Self Defence ini begitu populer dan digadang-gadang sebagai self defence paling efektif untuk real world situation. Filosofi Krav maga adalah menetralisir ancaman secepat mungkin dengan cara bertahan secara simultan dan manuver-manuver serangan yang agresif. Filosofi ini menyeleksi tehnik-tehnik serangan yang super efisien dan cara bertahan dengan counter attack yang brutal.

Krav Maga diciptakan oleh Imi Lichtenfeld, seorang Hungarian-israeli. Ia pernah menjuarai kompetisi wrestling Slovakia dan menjuarai kejuaraan boxing nasional. Ia menciptakan bela diri khusus untuk keperluan pertahanan pasukan yahudi dari serangan organisasi fasis di Bratislava, Czechoslovakia sekitar tahun 1930-1940. Bela diri khusus tersebut dinamakan krav maga.

Tehnik krav maga adalah hasil seleksi dari berbagai jurus seni bela diri lain seperti Aikido, Judo, Boxing, Wrestling dan lain lain. Meskipun dilabeli sebagai self defence yang paling efektif, para praktisi krav maga selalu dianjurkan untuk menghindari konfrontasi apabila situasinya tidak memungkinkan.

Prinsip Dasar Krav Maga
-Tuntaskan pertarungan secepat mungkin! Semakin cepat, semakin baik.
-Serang bagian tubuh vital lawan yang paling rentan! Prinsip ini membuat beberapa serangan dapat mengakibatkan lawan mengalami cacat permanen atau kematian.

Konsep Krav Maga antara lain :
-Counter Attack secepat mungkin.
-Serang bagian vital lawan. Bagian tubuh seperti mata, leher, tenggorokan, wajah, titik solar plexus, selangkangan, tulang iga, persendian, jari, hati, dsb.
-Efisienkan serangan namun pastikan untuk menciderai lawan separah mungkin.
-Selalu mawas keadaan sekitar. Carilah celah untuk jalan keluar dan temukan benda-benda di lingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai senjata atau sebagai tameng.

Uniklopedia ikut-ikutan merekomendasikan krav maga sebagai bela diri paling efektif untuk pertarungan jalanan. Sama seperti silat, krav maga juga tidak cocok di MMA. Terlampau banyak tehnik krav maga yang ilegal di MMA. Tapi untuk street fight justru lawan Andalah yang harus hati-hati, karena resiko bertarung dengan praktisi krav maga adalah cacat permanen.

Di Indonesia nampaknya belum ada yang mengajarkan krav maga, tetapi setiap tahun mungkin ada yang datang dari luar negeri untuk memberi seminar krav maga.

5. Systema
Systema
systemacalifornia.com

Meskipun sama-sama bela diri militer, systema masih kalah populer dibanding krav maga. Namun soal keefektifan untuk real fight situation, systema adalah bela diri untuk Spetsnaz, unit Special Forces nya militer Rusia. Tehnik bertarungnya sangat aplikatif tak hanya di jalanan namun juga di medan perang.

Akar bela diri Systema berasal dari bela diri pasukan Mongolia yang pernah menduduki Rusia selama 400 tahun di sekitar tahun 948. Bela diri ini pada awalnya dipengaruhi oleh beberapa seni bela diri asal Cina. Seiring perkembangan waktu, tehnik bela diri kuno tersebut diadopsi oleh militer Rusia sebagai bela diri militer. Pada akhir perang dunia I tehnik bertarung tersebut disempurnakan sehingga menjadi salah satu bela diri tangan kosong paling efektif di dunia.

Systema Disempurnakan oleh seorang veteran perang dunia I bernama Spiridonov. Ia bersama sekelompok ilmuwan Rusia ditugaskan untuk menciptakan sebuah bela diri yang dapat digunakan dalam situasi apapun, mematikan, efisien dan efektif.

Usai Spriridonov berhasil, ia lalu mempresentasikannya ke militer Rusia. Hasilnya para petinggi kagum atas bela diri ini dan mereka menganggapnya sebagai sistem bertarung tangan kosong terbaik yang pernah diciptakan manusia. Spiridonov menamakan sistem itu sebagai Systema SAMOZ, sebuah sistem bela diri yang mengandung prinsip kesederhanaan cara bertarung, gerakan-gerakan yang berdasarkan logika, fleksibel, dan cerdik.

Konsep Systema
Systema tidak menamai jurus-jurusnya sebagaimana bela diri tradisional asal Cina atau Jepang pada umumnya. Jurus-jurusnya didasarkan pada teori biomekanika tubuh manusia. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan pola gerak yang berdampak maksimum saat menyerang atau saat counter attack namun dengan usaha yang minimum. Ringkasnya Systema adalah sistem bela diri dengan pola serangan dan counter attack yang efisien namun efektif.

Elemen Utama Systema & Tehnik
-Pernafasan
-Gerakan
-Tangkisan Serangan
-Pukulan
-Teori Trinitas bagian tubuh : Pikiran, fisik, jiwa. Semua dimaksimalkan untuk kepentingan self defence.
-Low Acrobatic. Sekumpulan gerakan akrobat ringan untuk keperluan bela diri. Misalnya seperti cara jatuh yang aman dan cara bangkit secara cepat dengan posisi yang menguntungkan.

Teknik bertarung Systema meliputi :
-Pertarungan tangan kosong
-Pertarungan pisau atau senjata
-Menembak.

Namun untuk keperluan sipil, latihan menembak dan latihan senjata api ala militer ditiadakan.

Pelatihan meliputi ketrampilan dan latihan sparring tanpa jurus. Latihan difokuskan pada penguasaan pengendalian enam ruas tubuh (siku, leher, lutut, pinggang, sendi dan bahu) melalui penerapan titik tekanan, pemukulan dan terapan senjata

Uniklopedia merekomendasikan Systema dan menjadi favorit Uniklopedia. Presentasi systema di youtube sangatlah unik, simpel, efektif, effortless, cocok untuk segala situasi. 1 vs 1, keroyokan, dan cara melumpuhkan lawan dengan senjata tajam ataupun senjata api. Di Kaskus sudah ada thread yang membahas Systema, nampaknya ada beberapa orang di Indonesia yang mempelajari systema.

6 Brazilian Jiu Jitsu
BJJ
bjj.org

"Jiu Jitsu is Perfect. It's human who makes it errors"
(Rickson Gracie)

Guru dari Helio Gracie sang pendiri Gracie Jiu Jitsu adalah pria asal Jepang bernama Mitsuyo Maeda. Mitsuyo Maeda adalah praktisi Jiu Jitsu dan petarung yang sangat tangguh. Konon ia telah memenangkan lebih dari 2000 pertarungan selama hidupnya. Mituyo Maeda juga dianggap sebagai salah satu manusia paling tangguh pada zamannya.

Sebenarnya agak sulit memilih antara Jiu Jitsu dengan Gracie Jiu Jitsu / Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) untuk dimasukkan pada daftar ini. Jiu Jitsu sendiri adalah bela diri tangan kosong yang benar-benar ditujukan untuk street fight, oleh karenanya memperbolehkan memakai cara "apa aja boleh" bahkan taktik "curang" seperti colok mata, menggigit dan berbagai macam teknik ilegal lainnya. Tujuannya jelas : melumpuhkan lawan secepat mungkin! Jiu Jitsu juga merupakan ibu dari beberapa bela diri lain asal Jepang macam Judo dan Aikido bahkan hingga Krav Maga dari israel. Tapi pilihan kami jatuh pada Gracie Jiu Jitsu untuk menghuni daftar ini. BJJ dianggap paling tangguh untuk ground fighting. Ground fighting sering terjadi ketika 1 vs 1 di pertarungan jalanan.

BJJ memang terbilang efektif dan efisien, terutama untuk pertarungan 1 vs 1. Teknik-teknik BJJ ciptaan Helio Gracie telah teruji mampu digunakan untuk menaklukkan lawan dengan tubuh yang jauh lebih besar, bahkan diadu dengan lawan yang memiliki kemampuan bela diri pun teknik-teknik BJJ terbukti sangat merepotkan lawan. Hal ini yang membuat BJJ diminati oleh banyak kalangan, bahkan para petarung UFC dan MMA juga membekali skill bertarung mereka dengan teknik-teknik BJJ untuk pertandingan UFC.

Petarung dengan style BJJ yang tangguh cukup banyak. Yang terkenal tentu saja sang pendiri : Helio Gracie, setelah itu klan dari keluarga Gracie seperti Royce Gracie (penggemar UFC pasti familiar nama ini) dan Rickson Gracie yang sering dijuluki sebagai "The Strongest Man In The World" karena konon selama kariernya ia sama sekali tak pernah kalah. Ia tak terkalahkan dalam 400 pertarungan!

BJJ sangat membantu di street fight situation mengingat banyak fight yang ujung-ujungnya ground fight. Tetapi banyak yang menyarankan untuk menambah skill dari disiplin bela diri lain untuk mendampingi BJJ, seperti Boxing, Karate, Tae Kwon Do, Judo, atau yang lain. Alasannya justru untuk menghindari ground fight. Tidak ada yang ingin ground fight di jalan beraspal, tanah, atau lantai keras. Alasan lain BJJ efektif untuk 1 vs 1, tetapi beresiko untuk lawan lebih dari 1.

7 Jeet Kune Do
JKD
jeetkunedoindia.tripod.com

"I always believe that the easy way is the right way. Jeet Kune Do is simply the direct expression of one's feelings with the minimum of movements and energy.
(Bruce Lee)

Bruce Lee tidak menganggap Jeet Kune Do (JKD) sebagai aliran bela diri. Jeet Kune Do sebenarnya adalah sebuah filosofi atau konsep. Meskipun begitu Uniklopedia menganggap filosofi Jeet Kune Do adalah pencerahan bagi para praktisi bela diri. Dalam bela diri, filosofi Jeet Kune Do adalah filosofi yang akan membebaskan dan menjadikan Anda diri sendiri.

Jeet Kune Do adalah filosofi untuk menghasilkan formula gaya bertarung tanpa perlu terpaku jurus-jurus atau terbatasi oleh pola seni bela diri tertentu. Bruce Lee menyebutnya "style with no style". Filosofi ini membuat setiap orang dapat mempelajari berbagai jenis seni bela diri guna menemukan sistem bertarung yang cocok untuk dirinya sendiri. Itulah filosofi yang ingin disampaikan Bruce Lee.

Bruce Lee awalnya adalah seorang praktisi bela diri Wing Chun yang kenyang pengalaman bertarung real fight / street fight. Meskipun Lee sering berantem tetapi dia tidak tertarik untuk ikut turnamen bela diri seperti Karate atau Boxing. Walau begitu Lee punya catatan rekor yang sempurna di real fight. Bruce Lee belum pernah kalah!

Awal mula lahirnya Jeet Kune Do adalah setelah berkali-kali bertarung, Lee merasa kurang puas, karena walaupun ia menang tetapi seringkali ia butuh waktu lama untuk mengalahkan lawannya. Dari pengalamannya berantem, Lee berkesimpulan sebuah pertarungan yang mempertaruhkan nyawa haruslah diselesaikan dalam waktu sesingkat mungkin.

Dari situ pula Bruce Lee melihat bela diri pada masanya terlalu kaku dan tidak flesibel karena sangat terpaku pada pola. Sementara di real fight situation serangan lawan selalu bersifat spontan, sulit untuk diprediksi, yang perlu Anda lakukan hanyalah bereaksi terhadap serangan itu. Lee melihat Jurus dan tehnik bela diri justru malah membatasi dan menjadikan tidak fleksibel. Lee berpendapat : Anda perlu membebaskan diri Anda dari pola tertentu agar dapat sefleksibel mungkin ketika berkelahi. Oleh karenanya para praktisi Jeet Kune Do dituntut untuk sangat fleksibel dalam teknik ketika berkelahi.

Bruce Lee berkata,"Ketika Anda terjebak pada sebuah perkelahian, Anda tidak perlu pusing soal jurus dan tehnik bela diri. Saat Anda memukul atau menendang bila hasilnya tidak efektif, Anda dapat menyerobot, menusuk, menggigit, mencakar, menjabak atau apapun. Lakukan saja segala hal yang dapat membuat Anda selamat, karena itu prioritas pertama Anda."

Lee kemudian mulai belajar disiplin bela diri lain seperti Boxing, Tae Kwon Do, Wrestling, Anggar, Judo, dan lain sebagainya guna menemukan tehnik yang efektif untuk bela diri. Itulah sebabnya Bruce Lee dianggap sebagai Bapak MMA di dunia modern.

Prinsip Jeet Kune Do - The Way of Intercepting Fist ala Bruce Lee
-Cara bertahan terbaik adalah dengan menyerang.
-The Way of Intercepting Fist adalah mengintersep serangan lawan. Yaitu saat lawan menyerang, langsung intersep serangan itu dengan cara menangkis serangan yang datang dengan serangan balik.

Ide Jeet Kune Do ala Bruce Lee
-Straight Lead. Pukulan akurat dan bertumpu pada kecepatan.
-Non-telegraphed Punch. Tehnik Pukulan cepat seperti tanpa ancang-ancang.
-Be like water. Jangan terikat jurus, bereaksi saja sesuai serangan lawan.
-Economy of motion. Efisiensikan dan sederhanakan gerakan namun efektif untuk melumpuhkan.
-Stop Hits. Manfaatkan momen ketika lawan menyerang dengan menyerang balik.
-Low Kicks. Hindari menendang bagian atas pinggang lawan, tendangan untuk area pinggang ke bawah saja.
-4 Range of Combats. Kuasai 4 jenis serangan : Pukulan, Tendangan, Kuncian, dan Grappling.
-5 Ways of Attack. Kuasai 5 jenis serangan. Serangan langsung, Kombinasi serangan, Serangan tak langsung, Imobilisasi serangan, Serangan imbang.
-Centerline. Jaga tubuh agar arah mata selalu berhadapan dengan lawan untuk mengontrol pertarungan.
-Combat Realism. Fokus mencari jurus yang aplikatif untuk real fight.

Contoh petarung tangguh dengan filosofi Jeet Kune Do ya pendirinya sendiri alias Bruce Lee. Ia juga sering dielu-elukan sebagai petarung paling tangguh pada zamannya. Konon setelah Jeet Kune Do tercipta, Bruce Lee mampu mengalahkan lawannya lebih cepat dibanding sebelum Jeet Kune Do. Sering kali ia hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk mengalahkan lawannya. Jeet Kune Do benar-benar warisan berharga dari seorang maniak bela diri yang mendedikasikan diri untuk kemajuan seni bela diri.

Uniklopedia merekomendasikan bagi siapa saja untuk mempelajari filosofi Jeet Kune Do. Kami merasa style with no style adalah jawaban sejati dari pertanyaan seni bela diri yang paling efektif untuk pertarungan jalanan. Filosofi ini akan membawa para praktisinya menemukan sendiri gaya bertarung yang paling efektif untuk dirinya sendiri. Mengutip kalimat Bruce Lee, Jeet Kune Do hanyalah sebuah perahu untuk menghantarkan Anda menjadi diri Anda sendiri.

===0===

"Empty your mind, be formless, shapeless — like water. You put water in a cup, it becomes the cup; You put water into a bottle it becomes the bottle; You put it in a teapot it becomes the teapot. Water can flow or it can crash. Be water, my friend.
(Bruce Lee)

178 comments

gulat sama judo mana bro? ketika dalam situasi jarak 0, yg paling efektif ya 2 bela diri ini. BBJ disebut jg judo bebas. Coba liat pakaian yg slalu dipakai roice gracie ketika bertarung. itu adalah pakaian judo

Hmm... Judo dn BJJ itu emang hampir sama, cuman untuk Judo itu mreka lebih ke bantingan, sedangkan BJJ itu mereka lebih k ground fight, dimana ketika kamu menjatuhkan atau di jatuhkan lawan kamu dapat menghabisi mereka dgn berbagai macam teknik grapling dan juga choke. Bahkan ini sangat mematikan ketika kamu di bawah, kamu bisa mematahkan tangan atau kaki lawan, bahkan kamu bisa bunuh dia dengan teknik cekikan.

Yaaa... Mnurut saya sih judo ama bjj saling berkaitan, di mana kamu butuh teknik judo untuk membanting lawan mu dengan cepat, lalu menghabisi mereka di bawah dengan teknik grapling bjj.
Kalo d street sih ane lebih seneng d jatuhin d bawah gan, karena kalo ane udh d bawah ane bisa bebas maenin lawan., yaa ga bisa bikin k.o sihh.. Tp bisa ane pastiin bakal ada yg patah. :D
Lebih enak, ga perlu capek stand fight, ga perlu sampe bonyok brdarah darah, sifat nya ilegal dan bebas mau matahin badan lawan

Karate efektif dengan sedikit revisi. Saya seorang praktisi karate dan juga pernah melakukan beberapa kali pertarungan. Sudah pernah di praktekkan di UFC oleh Lyoto Machida (karateka brazil) dan berhasil menjadi juara waktu itu. Selebihnya Anda bisa klik Karate MMA digoogle or youtube. Trims.

Jangan bikim malu dgn memasukam silat yg sangat sangat jauh dri efektif dalam street fight. Apalagi wkt ane nonton youtube ga sengaja nonton muaythai vs karate dan muaythai vs tae kwon do.. disitu bisa dinilai dan dilihat betapa loyonya karate dan tae kwon do ckxkckxk dari situ ane langsung browsing beladiri ini vs beladiri itu dan hasil dari semua baik googling maupun watching video2, muaythai sama kravmaga paling di efektif dan mematikan diikiti kung fu, jet kunedo, brazilian jujitsu dll.. (jangan mimpi memasukan silat deh)

Saya kebetulan pernah belajar silat mas, kebanyakan yg tdk pernah belajar teknik beladiri silat atau yg hanya belajar silat sampai pada tingkatan dasar, dipastikan tdk akan mengenal teknik silat yg sesungguhnya.
Sesungguhnya teknik silat amat mematikan anda bs lihat teknik silat minang (silek harimau, silek tuo dll) yg mengedepankan teknik2 patahan, guntingan, kuncian dan bantingan. Jadi jangan sepelekan silat. Beladiri luar negeri yg berkembang di Indonesia ini terkenal hanya karena diperkenalkan melalui film.

blm ada yg prnh rasa klo kaki taekwondo hantan kna muka. blm prnh ada mnusia yg brtahan klo kna telak dolyo chagi, ini bukan film bro , jadi jangan asal omg lu bro, smua beladiri itu efektif, trgantung org yg pake, klo orang bodoh macam lu tuh yg sukanya mnilai, kyakx lu ni nd prnh ikut bladiri, cuma omg besar saja.

Paling efektif utk pertarungan jalanan yaitu belajar sendiri dari pengalaman

tak ada yg bisa selamat dari benang 3 warna... walau anda2 semua para ahli bela diri, tapi kalau jumpa sama ahli benang 3 warna ini anda keok sebelum dapat mengayunkan tangan, bahkan anda bisa tumbang sebelum bisa menarik nafas panjang... hong sati ..... merah hitam ... putih...

Knapa karate & taekwondo tdk efektif dan efisien?

Saya mengikuti Pencak Silat dan Karate masih mau sabuk biru, dan share aja kalau saya diserang dijalan lebih memilih menggunakan Karate yang menggunakan tanganyang melumpuhkan lawan <10 detik, hehe dan menggunakan Silat untuk mengunci :) Saya cinta Karate namun saya juga tak mampu meninggalkan budaya bangsa :) contact me at www.bloggersakti.com

Mas arianto.. cocok mas terkenalnya cuman di film haha.. kita harus melestarikan budaya kita sendiri.. kalo bukan kita siapa lagi

Betul tuh, smua beladiri sbenarnya efektif tergantung orangnya, muaythai atau kravmaga skalipun kalo cuma modal nonton youtube tetap kurang efektif, yg efektif tentu yg latihannya rutin dan sparring beneran, dan juga yg belum rasain efek kena jurus dr beladiri manapun jngan coment asal2an , cobain dlu dtendang pke teknik taekwondo itu leher jelasin deh rasanya,

Gulat dan judo ini tidak efektif...bila lawan memiliki ukkuran tubuh lebih besar...untuk situasi semacam ini jarak 0 adalah hal yg dihindari_

karate bisa lebih efektif juga.....tergantung ketahanan napasmu dan bagaimana latihanmu agar lebih lihai untuk menghindar dan menyerang..kalo lawannmy kurang lebih sama _ seimbang .tapi kalo lebih besar...ya menjaga jarak, serang, mundur lagi..dst....

semua beladiri itu berbahaya....sering latihan, seorang figher jalanan harus tahu situasi dan kondisi....mau apapun beadiri yg kita pelajari kalo yg dihadapi itu geng dengan jumlah besar.wah.wah..pikir ikir juga..blum kalo punya senjata api, pentungan dll...mo silat, karate, taekwondo, krav maga....harus bisa menyesuaikn dgn situasi dan kkondisi...

(((MENGENAI KECEPATAN)))

Jiujitsu meng"grapling" lawan membutuhkan waktu kurang lebih 2-5 detik.

Petinju melakukan pukulan sebanyak 3-4 kali dalam waktu 2 detik.

pernah mencoba latihan wing chun "Da Drill" ? jika pernah dan JIKA TEKUN, dalam waktu 10 bulan anda bisa memukul sebanyak..
15 KALI dalam 1 DETIK..

cobalah untuk mempelajarinya. ketika seseorang memukul wajah anda, segeralah untuk menangkis, lalu sepersekian detik kemudian balas orang tersebut denga 15 kali pukulan di wajah dalam 1 detik.

btw, jika anda meremehkan wing chun karena perlombaan di UFC, MMA, K1 Wing Chun selalu kalah, itu karena WING CHUN pada dasarnya adalah beladiri, bukan ajang perkelahian yang memakai SARUNG TINJU, SARUNG TANGAN, dll yang beratnya hampir 2 KG, sehingga pukulan Wing Chun tidak efektif.

https://m.youtube.com/watch?v=v2xr1Gyt5vE

buka link tersebut dan lihatlah seberapa cepat pukulan WingChun. bandingkan kecepatan pukulan dengan silat.

kenapa saya tidak suka Silat ada di Blog ini ?
ini bukan masalah Cinta Indonesia.
tapi cocokanlah judul Blog dengan isi Konten.

memang petarung silat jaman dulu seperti Sabeni, Pitung, dll saya akui pasti jago luar biasa (walaupun dari mulut ke mulut). tapi itu mereka, apakah kita pernah lihat orang silat ketemu preman bisa dihabisi begitu saja seperti sang legenda ?

legenda ya legenda bro, mereka memang dianugerahkan Tuhan untuk menjadi legenda. bukan berarti orang yang ikut silat silatan bisa sehebat Sabeni atau Pitung. Ini masalah orangnya rajin latihan atau tidak, dianugerahkan Tuhan supaya jadi seperti mereka atau tidak.

beladiri paling efektif di jalan cuma ada 2 Metode. nomor 1 Kecepatan dan Kekuatan. kuncian dan bantingan itu nomor 2.

kalau kita bisa melumpuhkan lawan dengan hitungan detik, atau power yang besar dengan cepat. Tidak perlu repot repot guling gulingan di tanah seperti BJJ atau main tenaga dalam seperti Silat.

tenaga dalam tidak berguna dalam pertarungan. saya kuga belajar tenaga dalam dari pelatih beladiri saya (karna saya juga praktisi beladiri) dan saya juga liat orang orang di youtube ketika mau memakai tenaga dalam.

tenaga dalam Kung Fu Shaolin, Tai Chi dan Merpati Putih masih beberapa tingkat diatas Silat (Memang diakui dunia). Mereka menghancurkan batu kayu dll butuh waktu 10 - 15 detik pakai konsentrasi.

nah kalau sedang mengisi tenaga dalam, baru 3 detik sudah kena tendang Dwi Chagi (TaeKwonDo), atau kena Drill Punch 15 kali di Wajah (Wing Chun), kena Empi Urikken (Karate) ? sia sia pakai tenaga dalam untuk bertarung.

yang digunakan saat bertarung adalah. latihan kita selama berjam jam. bukan beladiri tenaga dalam.

salam olahraga ! :D

saya praktisi beladiri saya mau menjelaskan tentang Power dan Kecepatan.

(((MENGENAI POWER)))

kaki sama tangan lebih kuat mana ? Kalau yang bilang lebih kuat tangan pasti sering melihat atraksi pecahin papan, batu bata, kayu, dll pakai tangan.. sayangnya itu pemikiran keliru..

perhatikan baik baik ketika mereka ingin pecahin papan, mereka ngapain dulu.

tarik nafas, buang nafas, siap siap, kumpulkan tenaga dalam, dan PUKUL.
(momen teraebut berlangsung dengan durasi 10 - 15 detik)

apakah ketika dipertarungan jalanan kita harus melakukan hal seperti itu, dan ngomong ke lawan "Bentar ya gue mau kumpulin tenaga dalam dulu". haha sia sia bro.

justru yang dibutuhkan adalah tenaga yang kuat namun cepat. apa itu ? TENDANGAN..

kenapa tendang ?. karna 24 jam kali kita selalu dilatih bergerak dan menumpu berat tubuh. Coba lu tidur, trus kebangun subuh, trus mo kencing.

lu ke WC jalan pakai tangan atau kaki ?
gue yakin 100% ga ada yang jalan pakai tangan. cuma hewan yang jalan 50% kali 50% tangan.

kalian coba saja bedakan kekuatan kaki dan tangan sendiri.
coba kalian TENDANG tembok (pakai telapak) dan TONJOK tembok pakai tangan (pakai kepalan). lakukan hal tersebut seakan akan lagi berantem dijalan (tendang dan tonjok tidak lebih dari 2 detik)

saya yakin seyakin yakinnya tendangan jauh lebih membuat tembok BERGETAR daripada pukulan..

trus mayoritas beladiri di atas menggunakan pukulan bahkan kuncian dan banting yang menggunakan tangan.

sedangkan tidak satupun beladiri yang identik dengan tendangan berada diatas seperti

TaeKwonDo
Kung Fu Shaolin
Wu Shu
Savate

beladiri tersebut selalu melatih tendang tendang dan tendang..

untuk yg komen di atas bilang "taekwondo dan karate loyo" saya sarankan cari tempat latihan TaeKwonDo dan coba sparring langsung dengan mereka.

coba anda bedakan rasanya wajah dipukul, dengan wajah ditendang rasanya lebih mantap yang mana.

Assalamualaikum. Salam sejahtera buat kita semua. diskusi yang menarik nih. Apapun kondisinya, usaha penulis dalam artikel yang referensif ini patut diberikan penghargaan yang oke punya nih, hehe. Sepakat dengan beberapa komentar diatas bahwa beladiri itu sifatnya relatif tergantung para praktisinya. Menurut saya, semua beladiri itu ditemukan para foundersnya dalam situasi dan pengalaman yang sangat berharga dan diciptakan dari gairah dan penghayatan yang sangat hebat bagi mereka. Dan untuk saya pribadi, beladiri itu adalah sejauh mana kita mencintainya, mendalaminya hingga pada titik puncak yg sekali lg sangat relatif tergantung situasi dan kondisi pengalaman para praktisinya itu tersebut. Dan untuk saat ini, saya memilih Kickboxing sebagai dasar beladiri saya, dan mempelajari teknik2 dari beladiri lain sebagai pelengkapnya :-)

Silat itu berguna ,silat tradisional seperti bangkuy,kuntau dan sendeng di kalimantan contohnya

Gimana kalo kita lagi dikeroyok ? Bukan 1 vs 1

Gue setuju sama komen diatas lu yang bilang beladiri itu tergantung gimana praktisinya. Tapi lu condong membandingkan kaki dan tangan. Bro yang kita omongin "efektifitas" bukan "kuat" atau engganya.

Ketika bicara soal efektif atau engga dalam bela diri gacuma otot. Pakek juga otak dan kecepatan.

Gue sangat setuju kalau tae kwon do itu beladiri yang kuat, ga ada orang berotak yang meragukannya. Tapi kita sedang bicara soal "efektif kah ketika dijalanan?". Gue fikir untuk momen tertentu "ya" tae kwon do efektif tetapi tidak selalu

Lari. Praktisi bela diri diciptakan untuk membela diri. Bukan sok.jagoan

lebih tepatnya dari cina atau pengaruhnya lebih banyak dari beladiri kungfu asal cina. walaupun begitu beladiri kungfu dari cina diyakini dibawa oleh bodhisatva asal india.

sepertinya masalahnya lebih kepada karena tae kwon do nggak masuk di daftar ini deh..

tapi judo juga punya teknik newaza alias teknik ground fighting yg sering diandalkan BJJ untuk melumpuhkan lawan. judo dulunya juga punya teknik-teknik ilegal yang sangat berguna buat pertarungan jalanan.

kalo menurut ane gini gan..
karate dan taekwondo efektif terutama kalo lawannya ga ngerti teknik beladiri. pukulan karateka itu serem lho kalo kena organ vital, 1 level dibawah pukulan para petinju atau bisa lebih serem lagi kalo pake tenaga dalam.
terus tendangan taekwondo itu amit-amit kalo sampe kena badan.. ditangkis pake tangan pun bisa jadi perbuatan yang bodoh karena tulang bisa patah.
yang jadi masalah kalo karate dan taekwondo ketemu ahli beladiri lain macem bjj, judo, atau muay thai.. karate dan taekowndo murni rekornya tak terlalu bagus setidaknya di MMA.

kick boxing pilihan yang tepat om..
saran ane sih pelajari juga bjj atau aikido.. yang lebih ke teknik mengunci dan melumpuhkan lawan dengan kuncian.
kalau masih muda, stamina lagi oke-okenya kickboxing emang sangat efektif.. paling butuh 1-2 detik buat melumpuhkan lawan dengan pukulan atau tendangan di organ vital.
tapi kalo udah kemakan umur, beladiri semacam aikido akan banyak membantu di jalanan.

jangan lupa teriak yang kenceng.. manfaatkan orang-orang disekitar untuk melemahkan mental lawan :D

MMA gak termasuk? Seingat saya dulu awal2 UFC mulai tiap2 petarung diperkenalkan latar belakang bela dirinya (Gulat, BJJ, Karate, dst) tapi sekarang enggak, seakan-akan bela dirinya ya MMA..

Menarik nih, pada dasarnya seluruh beladiri itu berbahaya jika diaplikasikan dijalanan, namun ada beberapa beladiri sudah dimasukkan ke olahraga (sport) jadi gerakan gerakan mematikan dihilangkan. spt taekwondo, saya sudah lama ikut beladiri ini, dan memang dalam sehari hari latihannya adalah mengejar point apalagi ane pernah jadi atlet sehari hari gerakannya untuk cari poin :) gk ada belajar menahan pisau :D.. semua jg tergantung pelatih, jika pelatih mempunyai kemampuan untuk mengajarkan beladiri jalanan dia pasti akan mengajarkan ke anak murid nya, nah yg perlu di tekan kan adalah beladiri bukan AGAMA, jadi salah besar kalau kita tidak boleh memadukan beberapa beladiri atau membuat gerakan sendiri, ane sekarang tetap terus latihan, taekwondo, Hapkido dan sesekali ane belajar Boxing, waktu kecil ane diajarin silat Kuntao, dan Alhamdulillah ane belum pernah menggunakan beladiri itu dijalanan, tapi berprestasi di pertandingan :) lawan jangan di buat dan dicari, tapi perbanyak teman insyaallah hidup kita damai.. Maaf kalau ada statement yg salah mohon diralat

Silat sudah terbukti ampuh buat tarung jalanam soalnya dulu aja orang indonesia lawan penjajah belanda pakai beladiri pencak silat, dan pemimpin belanda yang bernama cornelis de houtman tewas saat duel satu lawan satu sama pendekar silat wanita yang bernama malahayati, kalau gak percaya lihat aja di google ada ceritanya.

Silat yang kayak nari itu sebenarnya di tunjukan buat acara pertunjukan, kalau tarung jalan silat gak pakai nari tapi langsung berkelahi.

Aneh sekali masih banyak yang menghina pencak silat, ngatain silat kampungan lah,
Padahal dulu beladiri ini di gunakan para pejuang buat melawan para penjajah, dulu silat juga di gunakan sebagai alat pemersatu bangsa saat negara ini di jajah tapi orang yang sok GHAUL malah menghina budayanya sendiri, Mereka bangga sekali mengatai budaya indonesia, menganggap budaya negara ini kampungan, Alhamdulillah dengan ijin allah pencak silat yang di hina kampungan oleh orang sok GHAUL sedikit demi sedikit mulai banyak yang mempelajari.

belA DIRI PALING EFEKTIF YA PUNYA PISTOL TINGGAL DOOR SELESAI DEHH...(SEHEBAT APAPUN ALIRAN BELA DIRINYA PUNYA SENJATA TAJAM PUN GA AKAN MENANG MELAWAN PISTOL)

Semua beladiri efektif tergantung orangnya aja. Beladiri dibuat pasti untuk membela diri, jd semua beladiri efektif. Tp jangan cuma belajar beladiri doang, harus latihan fisik. Tp menurut gue beladiri yg paling bagus jeet kune do. Karena gue juga belajar beladiri jeet kune do. Karena menurut Bruce lee lebih bagus potong serangan, dr pd tepis pukulan baru nyerang

aikido gan, itu untuk close combat sama untuk dijalan keren banget

Salam olahraga mas victor,tlong jgn menjelek2kan silat y,emng anda udh pernah coba sparring ama guru silat,yg bner2 hebat,orang bule gk akan jauh2 k indonesia klo silat gk efektif,klo penasaran saran saya coba silat harimau y,mudh2an anda menang,..

Salam olahraga mas victor,tlong jgn menjelek2kan silat y,emng anda udh pernah coba sparring ama guru silat,yg bner2 hebat,orang bule gk akan jauh2 k indonesia klo silat gk efektif,klo penasaran saran saya coba silat harimau y,mudh2an anda menang,..

wkkkkk yukk sparring sama ane :v ada no kontak ? 3 menit aja jangan lama-lama, ane tau ente orang taek won do :v mohon di reply biar ane yang kontak ente :v

coba lo liat di youtube " Yi Long vs Taek won do" itu yang elo banggain ? :v bonyok gitu, gulet bebas udah dimakan dah sama tu orang :v

Sabar mas anonymous,kita gk boleh nantang dlu,tp klo dia mau jajal silat atau tenaga dlam y monggo,blm pernah muntah darah ama pukulan silat atau tenaga dlam dia hehe..

Hati2 mulutmu broo,jgn menjelek2an silat,u tinggal dimana? Senjata nya aj no 2 setelah pistol,kerambit namanya,bukan yg lain,,coba dlu dijajal ama gurunya sekalian,klo menang kabarin w y,w yg nantang lu

Guru silatnya suruh masuk One Fc dulu aja deh, ngga usah ke ufc atau mma keberatan !!

tergantung jiwa nya , aliran semua orang berbeda beda.
kalau lo jiwa nya di taekwondo ya ikutin.
kalo lo jiwa nya di muaythai ya ikutin.
semua ada jalannya masing2 jadi ngga usah deh ributin mana yang lebih baik dan effisien.
ngga mungkin kan Mike Tyson berantem ama orang di bawah sambil guling guling krna dia jiwa nya boxing.
jadi kesimpulannya belajar beladiri yang lo suka itu aja ngga ada paksaan dari pihak manapun dan itu yang akan menjadi lebih baik dan effisien..
karna lo suka apa yang lo lakuin

wkwkkwk Mike Tyson guling2..
yang ada orang sekali tampol juga tidur sama dia

Yang bagus itu fleksibel aja, karena ada beladiri yang mungkin kalah dengan beladiri yang satu tapi menang dengan yang lainnya, jadi masing2 ada kelebihan dan kekurangan, namanya juga ciptaan manusia

Semua beladiri efektif di jalan. Tapi tergantung praktisinyalah, fisik, kecepatan, kekuatan dan KEBERUNTUNGAN.
Saya praktisi taekwondo skrang belajar muaythai, buat perkelahian jarak dekat.

Sebagai tambahan, sepertinya bukan cuman jeet kune do aja yg mengajarkan potong serangan.
Karena baik di taekwondo maupun muaythai, kamipun diajar utk memotong serangan (counter attack) jika kalian satu detik, maka kami setengah detik.
Mungkin semua beladiri mengajarkan seperti itu, jadi kembali lagi tergantung praktisinyalah.

Tinju dong... Memang tdk ada teknik kuncian. Namun di dalam tinju, pukulan dilatih sedemikian keras karena hanya pukulan lah yang dimiliki tinju. Ketika berhadapan dgn musuh dijalanan dan dia menendang, ya bisa ditangkis dgn teknik bertahan ala tinju. Di saat spt itu posisi musuh sudah terbuka dan jab segera dilancarkan yang dikombinasikan dengan straight dan upper cut. Sensasi bogeman tinju akan membuat mental musuh down. Bahkan bisa membuat musuh jatuh. Bagaimana cara menyelesaikan ? Hujani musuh yang sudah jatuh dengan jab, hook kiri dan kanan secara brutal dan beruntun. Simple, praktis dan mematikan.

pasti dia blompernah liat kyokushin karate

ane gak setuju pendapat agan,, para petarung dari kyokushin karate banyak yang menjadi juara mma

Muuf saya cuman mw nengahin ajha semua beladiri sangat bagus menurut saya tinggal bagaimana kita memakainya dan melatihnya dengan sempurna....dan kebetulan saya ikut karate dan taekwondo.....dalam sebuah pertarungan kita harus bisa membaca serangan lawan bagaimana kita bisa membaca waktu kita mengelak menangkis dan melihat kelemahan lawan serta membalas dengan telak dengan momentum yang pass karena tenaga kecepatan dan konsentrasi sangat dibutuhkan satu serangan lawan tumbang atau mati

Dan seaidanya saya punya banyak waktu saya ingin belajar semua jenis beladiri akan tetapi lebih baik kita cukup Memilih satu dan melatihnya dengan sempurna

Muuf saya cuman mw nengahin ajha semua beladiri sangat bagus menurut saya tinggal bagaimana kita memakainya dan melatihnya dengan sempurna....dan kebetulan saya ikut karate dan taekwondo.....dalam sebuah pertarungan kita harus bisa membaca serangan lawan bagaimana kita bisa membaca waktu kita mengelak menangkis dan melihat kelemahan lawan serta membalas dengan telak dengan momentum yang pass karena tenaga kecepatan dan konsentrasi sangat dibutuhkan satu serangan lawan tumbang atau mati

Kok jadi pada sok jago gini.
Ini diskusi tentang martial art yg paling EFEKTIF.
Ingat kata EFEKTIF nya.
Jadi larinya pasti ke masalah teknis.
Coba liat pertarungan legendaris antara GRACIE dan KEN SHAMROCK.
Lebih gede mana badannya?
Faktanya siapa yg menang?
Gracie kan.
Dengan badan dan tenaga yg 2x lipat, Ken shamrock harus mengakui kalo secara teknis dia kalah dari Gracie.
Ini yg dinamakan EFEKTIF.
Dan juga dalam memasukkan BELADIRI, penulis harus objektif.
Sakuraba yg orang Jepang sendiri menggunakan Muangthay boxing ketika menundukkan adiknya Gracie.
Pertarungan jalanan jelas beda dgn olahraga.
Kalo dalam olahraga OK lah karate, taekwondo, dan silat bolehlah saling membanggakan.
Tapi ketika para ahli beladiri di atas berhadapan dgn petarung full body contact macam GRACIE dan SAKURABA, maka FAKTA LAH YG BERBICARA, jenis beladiri apa yg paling efektif.
Dan ketika one on one fighting, maka posisi GRAPLING PASTI AKAN TERJADI.
Dan apa yg bisa dilakukan oleh taekwondo, karate dan silat dalam posisi ini?
Apa yg akan dilakukan ke tiga beladiri tersebut ketika tangan dan kaki gak punya jarak untuk memukul dan menendang?
Kita bisa bilang, '' ya harus jaga jarak dong''.
Emangnya orang kayak Gracie bisa sebodoh itu dgn memberikan ruang kepada lawan untuk memukul dan menendang.
Realistis lah dalam berkomentar.
Pertandingan full body contact macam UFC, sudah membuktikan beladiri mana yg paling efektif.
Apakah ada praktisi KARATE, TAEKWONDO, WINGCUN, KUNGFU, sampe PENCAK SILAT yg pernah jadi juara UFC?
Coba kalian bayangkan jika badan Gracie yg imut itu pake taekwondo buat ngelawan Shamrock.
Apa gak malah patah kakinya kena kuncian gulatnya Shamrock.
Itu sudah ngebuktiin kalo BJJ lah beladiri yg paling EFEKTIF, BERBAHAYA dan MEMATIKAN.
Dan itu FAKTA!!
Bukan hanya di film kayak Kungfu Master ataupun Karate Kid

Jgn lupa kyokushin karate broo!!!

Bela diri yg paling mujarab adalah gulat atau sejenis gulat seperti BJJ.
Itu sudah dibuktikan diawal2 pertandingan UFC yg jadi
juara kalau ga pegulat ya fighter BJJ. Di UFC sekarang 60 % juara UFC adalah basic gulat , 20 % basic BJJ , 10 % kick boxing sisanya baru yg lain. Bahkan fighter seperti tai kondo , karate , kungfu harus belajar gulat dan BJJ dulu sebelum terjun ke arena UFC kalau ga mau babak belur. Kebanyakan juara2 UFC dari kelas walter keatas adalah pegulat sekali2 direbut oleh fighter UFC tapi tak lama biasanya ada pegulat lain yg mengalahkannya.
Ini sesuai dengan anjuran Rasulullah agar orang Islam belajar gulat selain ilmu pedang, renang , memanah dan berkuda.

seharusnya karate di masukkan karena karate mempunyai speed dan power lebih dari tinju untuk menyerang lawan jika memukul lawan seperdetik pasti sudah mengenai muka lawan

juara ufc yg mempunyai bela diri karate juga pernah juara ufc seperti stephen thompson,chinzo machida dan lyoto machida.saat stephen thompson di remeh kan dan lawannya stephen thompson yg berbela diri muay thai berkata karate that,s funny saat bertanding lawannya stephen thompson malah di bikin KO sama dia

ahli bela diri seperti karate taek wondo kungfu silat muaythai jika di jalan juga kalau di keroyok mereka masih bisa melawan coba kalo seperti royce gracie di keroyok di jalan dia cuma bisa meladeni satu orang pastinya dan setelah itu dia di pukulin


Betol betol kalau lawannya tak punya bela diri. Tapi karate jg belum tentu menang kalau lawannya punya tubuh kuat walau tak punya bela diri karena kalau sudah berantam biasanya akan terjadi clinch dan bermain gulat2an
dibawah. Kalau sudah dibawah karate silat tai kondo takde daya.

Siapa bilang dikeroyok masih bisa melawan, di Senen pernah terjadi seorang karateka sabuk hitam mati dikeroyok tiga preman Senen. Juga di Jogja seorang kareteka dan 3 dilarikan kerumah sakit dalam keadaan koma dan patah2 setelah dikeroyok 10 orang. Di Malaysia pelatih karate Sea Games Indonesia mengalami patah tulang rusuk dan hidung setelah berkelahi melawan dua orang polisi Malaysia. Tak ada bela diri yg ampuh melawan pengeroyokan. Beladiri paling ampuh lawan pengeroyokan adalah lari sekencang2nya hehe.

Stephen Thompson , lyoto machida tidak murni seorang karateka lagi , mereka sudah belajar gulat , BJJ , muaythai dan kickboxing sebelum terjun ke UFC. Bayangkan jika mereka terjun ke UFC mengandalkan karateka murni sudah bisa dipastikan mereka akan KO walaupun hanya melawan peringkat 50 UFC. Mereka adalah seorang MMA sekarang. Semua fighter yg terjun ke UFC adalah seorang MMA ( Mix Matrial Art)

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Stephen_Thompson_(fighter)

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Lyoto_Machida


https://m.youtube.com/watch?v=5Iw08DhVumw

https://m.youtube.com/watch?v=fKC3qRflVTg

https://m.youtube.com/watch?v=rgltmqCVhos

https://m.youtube.com/watch?v=K35ChkkGmZA

Pake senjata lebih bagus gak usah banyak debat namanya petarungan jalan

Assalamulaikum warohmatulloh wabarokatuh
judul 7 seni beladiri efektif untuk petarung jalanan
kembalikan pada judul
bukan mana yg lebih unggul
jadi para suhu, simpei, master2 di sini monggo dipahami judul artikel...
lha klo judulnya 7 beladiri yg paling unggul di MMA, bisa diberi literatur, hasil tanding atlit dan artis2 di youtube...
Tujuan utamanya kan sesuai judul...
kalo pertarungan jalanan ya kita ndak bisa lihat youtube sbgai barometer..tapi klo referensi mungkin iya...
nah yg sering bertarung di jalanman biasanya para preman, bukan pendekar karena pendekar bukan hobi bertarung di jalanan...
saya praktisi silat, dan juga belajar beladiri yg lain tidak ingin mendebat, krena akan mnjadi debat kusir tapi perlu diingat efektivitas petarung jalanan hanya ada di dongeng dan bualan, mereka yg sesungguhnya sering bertarung di jalan akan tahu bagaimana utk mengalahkan lawan secepat dan sedikit tenaga yg digunakan
btw logika kalo dijalan jarang pake kaki, bila tempat sempit, di dlm lorong, gang sempit, ataupun bis kota, kalo dilapangan, jalan luas, kosong ndak banyak orang bisa pake kaki utk "terbang kesana-kemari"
jadi silahkan suhu2, master2 dan simpei utk perhatikan judul
kalo saya pernah liat, ada pak tua yg mampu mengunci pencopet dan melumpuhkan temannya di bus kota di sbya, hingga turun di bawa ke kantor polisi, pencopetnya badan besar, muda, pak tuanya dari desa dan tidak terkenal spt pendekar artis youtube cs..apakah beliau belajar MMA, dan beladiri yg di PILEM kan? insya Allah tidak hehehe monggo sederek-0sederek renungkan sendiri
saya berlatih hanya dari yg sya alami didunia nyata, ada kasus spt pak tua itu dan juga saya alami sndiri saat 20 tahun yg lalu dg 5 orang preman..Alhamdulillah mulut saya robek tapi rombongan preman tsb kabur 2 orang patah rusuknya (residivis dari polsek sawahan sbya) dan digotong dan manggil teman2 dari gang dolly sbya (maaf) so silahkan sodara2 master renungkan matur suwun
Wassalamulaikum warohmatulloh wabarokatuh

https://m.youtube.com/watch?v=EXyV8c_lmwg

http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2011/09/13/158363/guru-silat-babak-belur-tersandung-jurus-cabul

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=920569374730264&id=916975175089684&refsrc=http%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2F&_rdr

https://m.youtube.com/watch?v=Lpl_7w8-jTE

https://m.youtube.com/watch?v=JO3_UkdWvZE

Allahhuakbar
Sama" praktisi bela diri malah saling serang dengan ngata in beladiri lain payah,udah di luar tema ini namanya

Saya sendiri taekwondoin ,sering di ajarin karate sama kaka yang anggota tni,dan juga punya banyak teman dari silat dan sparing bareng

Menurut saya semua bela diri efektif tergantung yang pakai nya
Percuma mau kuasa in semua beladiri kalau mental nya mental siput

Beladiri bukan buat di banggakan dan sombong,tapi harusnya bikin kita rendah hati

Semakin berisi padi maka semakin menunduk dia

Lah kalo di jalanan lawannya 2 orang gimane tuh gan

itu yang bilang silat ga efektif sini lawan gua tinggalin nomer hp lo gua hubungan lo, sebelum lo banyak gaya gua tendang biji/colok mata/gigit & hajar leher/ulu hati,patahin tulang lo :v pasti ni orang korban ufc, disono ilegal coy yang gitu-gitu :v

Bro kalo pistolnya dari dekat masih bisa ditangkis ada caranya. Ane diajarkan dari guru taekwondo ane. Kalo dari jauh ya.... Doa aja. Intinya 99% usaha 1% keberuntungan 100% takdir tuhan

yg bilang taekwondo loyo belum pernah muka nya di cium pake dolyo chagi sama dwi chagi ya, rasa nya mantav loh :v

Maaf ya saya coment : saya me nguasai taekwondo dri sabuk putih sampek sabuk merah,kick boxing,muay thai,karate judo,jet kune do ,pencak silay saya tau smua dan saya sudah hampir menguasai sluruh beladiri dri smuanya yg saya plajari kuncinya sama tetap lah membuka mata ,mata adalah kunci untuk menghindari serangan dan melakukan counter attack boleh di bilang saya penggila bela diri,tpi ingat petarung jalanan dan seni bela diri itu beda,saran saya belajar lah bela diri apa pun dan gabungkan mengunakan combine material art,ingat mata adalah kunci untuk menghindari dan membalas serangan lawan

Mrnghafapi pertarungan jalanan gunakan cara yg cepat utk menghabisi lawan dg berbagai cara tanpa aturan2.Pokoknya menang dan lawan dpt dibunuh

Silat lah yang efektif apalagi silat tradisional seperti kuntau dan sendeng

Berdasar pengalaman saya bertarung bebas 1 lawan 1 di jalanan, jika kita full fight memukul-menendang hanya bertahan paling lama 4 menit, selanjutnya adalah gulat (ground fighting). Nah kalau sudah ground fighting tentu gulat, judo, jiu jit su yg sangat efektif. Kecuali ketika di menit2 awal tendangan atau pukulan kita sudah membaut lawan KO, kita tidak perlu main bawah lagi.

Pelajari dulu tehniknya bung viktor dan coba bertanding dengan praktisi silat sebelum anda membuat argumen tentang silat ... jangan lupa tehnik keahlian silat diciptakan jaman perjungan dahulu oleh nenek moyang dahulu untuk melawan penjajah yg bukan untuk melwan preman pasar ataupun pencopet dijalanan tapi untuk membunuh lawanya dengan cepat pada jaman perjuangan dahulu.. klo anda melihat tehnik silat di youtube pertandingan silat ipsi atau kejuaraan dunia pencak silat anda salah besar karena pada turnamen silat semua tehnik yg mematikan tidak boleh dipakai karena akibatnya begitu fatal padahal tehnik fatal tersebut dibelajari oleh hampir semua aliran silat. Tehnik mematahkan benda benda keras dlm silat anda sebutkan memerlukan 15 detik itu betul bagi pesilat pemula untuk melatih daya ledak dalam serangan. Apabila sudah fasih tidak perlu lama2 klo tehnik itu sudah melekat di tubuh 1 detik pun bisa kluar secara reflek. Mungkin anda berbaik hati mau menjadi pengganti beton.besi baja atau kerbau yg biasanya dipergunakan untuk praktisi silat dalam latihan ini. Tarian atau pasangan sambung dlm silat yg terkesan lembut adalah bentuk tehnik untuk mengelabuhi lawan tapi dalam jarak tembak yg sudah diperhitungkan si pesilat
(Jarak serang lawan agak berjauhan). Tetapi bila ajarak tembak kepada lawan dikira sudah pasti kena seorang pesilat tidak mungkin menggunakan tehnik tarian tersebut dan akan fokus kearah sasaran yg tidak anda duga . Bung viktor dikalau anda beradu tehnik dengan silat terdisional murni jngan harap pipi anda memar karna dipukul dan tubuh anda bengkak karna ditendang karna mereka selalu menyerang daerah vital anda sebisa mungkin meraih lerher untuk mematahkanya, atau menyerang kemaluan, mata, ulu hati dll. Bila pesilat tradiaional tersebut ahli dan anda menyerang di terlebih dahulu jangan harap tendangan dan pukulan anda ditangkisnya sebisa mungkin dia akan menangkap dan mengunci untuk mematahkan nya.. tehnik silat tradisional tidak untuk jual beli tendangan dan pukulan tapi bagaimana bisa mereka melumpuhkan lawan dengan cepat dan mematikan.apabila anda kalah bertarung dengan praktisi beladiri yang mengandalkan jual beli tendangan dan pukulan anda pasti babak belur dan berdarah2 . Tetapi jika anda kalah dengan pesilat tradisional saya pastikan fatal bisa patah tangan kaki leher dan mengakibatkan kematian tanpa mengeluarkan sedikit darahpun pada tubuh lawanya. Salam rahayu. Salam pewaris ketimuran .

Di Indonesiakan "4 langkah kematian" adalah serangan pada salah satu dari 4 titik kematian dari jarak 4 langkah sampai jarak 0 dengan sekali serangan. Tehnik terlarang dalam silat murni. Itu adalah satu teknik membunuh semua ada 16 jurus, gerakannya jelek tapi efektif untuk membunuh. Cuma sekali pernah digunakan, hasilnya seperti dimutilasi tanpa senjata tajam.

1 lagi teknik pencak silat yang tersembunyi adalah dengan melibatkan olah batin dan pembukaan cakra tubuh. ane pernah liat praktisi olah batin kalau bertarung tidak perlu latihan jurus macem2. tinggal niat dalam batin, misal pengen berantem pakai jurus macan, maka tubuh sang praktisi otomatis bisa gerak2 jurus macan kayak orang kesurupan harimau.
nglawannya susah karena kalo kita mukul si praktisi, si praktisi tidak merasakan sakit karena dalam kondisi setengah sadar.
teknik ini tidak banyak diajarkan, seringkali disembunyikan sehingga cuman sedikit yang tahu.

judo juga sebenernya pada awal diciptakan oleh jigoro kano merupakan beladiri yang punya banyak teknik mematikan lho.
dulu judo punya banyak teknik kejutan yang masa sekarang sudah tidak lagi diajarkan karena masuk ke teknik ilegal.
menariknya judo adalah beladiri ini cocok untuk orang yang bertubuh kecil, karena teknik yang digunakan berfokus pada teknik bantingan. teknik bantingan judo sangat lengkap sehingga bisa mengalahkan lawan yang lebih besar dengan mencari celah keseimbangan lawan, ketika keseimbangan lawan berhasil dikuasai, praktisi judo tinggal mengadu tubuh lawan dengan benda yang jauh lebih keras dan kokoh yaitu bumi. sekalinya jatuh ke tanah, BAM! roboh sudah lawan, apalagi kalau teknik ilegal judo kita gunakan untuk menggoyahkan keseimbangan lawan.. makin mantap dah.

dari daftar diatas yang paling ekstrim adalah krav maga. teknik serangannya bener2 mengkesampingkan rasa belas kasihan dan sudah melampaui definisi bela diri.

yang paling efisien menurut saya adalah systema. gerakannya terlihat sangat simpel tapi entah kenapa efek serangan ke tubuh lawan sangat besar. ngeliat praktisi systema kayak ngliat sulap, gerakannya biasa aja, tahu2 lawannya udah jatuh ke tanah.

yang paling simpel itu tinju. di youtube banyak video betapa efektifnya teknik tinju di jalanan. cukup sekali upper cut rahang musuh, tahu2 lawan udah ngglepar di jalan dan nggak bangun2 lagi.

yang paling sulit itu pencak silat. maksud sulit itu sulit milih dari sekian banyak perguruan pencak silat, mana yang paling unggul untuk berantem. soalnya referensi di youtube juga masih dikit.

tarung derajat, bela diri ciptaan orang indonesia sejak tahun 80an juga boleh dicoba bro.
itu gw liat di youtube kayak mixed martial arts gitu. campuran jurus karate, judo, dan grapling. ada latian buat bela diri praktisnya juga buat keperluan tarung di jalanan.
dari proses latiannya kalo boleh gw nilai adalah salah satu perguruan bela diri paling serius di dunia.

tarung derajat itu menurut ane seolah2 menginspirasi korea untuk menciptakan seni bela diri campuran. korea di akhir tahun 90 an akhirnya meluncurkan bela diri yong moo do. sebuah seni beladiri yang nggabungin teknik2 bela diri asal korea macem tae kwon do, wrestling korea, hapkido, dan ada teknik aikido dan judonya juga.

baik yongmoodo dan tarung derajat akhir2 ini dipakai untuk keperluan bela diri institusi militer dan polri. karena dinilai sesuai untuk para tentara dan polisi.

Kalau gw sih pilih taekwondo,tentang petarung dijalankan, gw pun udh pernah mengalami, jadi ambil dari pengalaman aja. Gw pernah dikeroyok sama 3 orang , 1 vs3, tapi yang menang gw, kenapa? Karena beladiri itu mengasah power dan kecepatan kita saat menyerang. Tapi semua beladiri itu bagus kok πŸ‘, intinya sekarang nyali aja ada atau ngak hehehehe 😁😁

Semua Beladiri Itu sama aja..
Tergantung Orang-Orang Nya...
Kalo Orang Nya PenakuT Pasti Ya kalah...
Kalo Orang nya Pemberani Pasti Menang lah...


Salam PSCPπŸ‘†

Belum nyoba sparing ma pesilat cimande sih lu. Baru separing aja paling tangan lu udah bengkak. Inget yeh TANGAN,Bukan cocot lu yg kena. Bisa bisa jebleh cocot lu cman sekali gampar aja.

Semua bagus.. kembali ke pribadi masing2 yg menguasainya. Tp di luar itu semua ada 1 hal yg gak kalah penting. NYALI. Aku punya tmn dkt org dayax yg memang dr kecil suka berkelahi. Sampe bonyok berdarah2 tp hampir semuanya di menanginya. Org nya lmyan berotot tp kurus berisi. Nah ini org tak punya sedikitpun beladiri, pernah lwn org pesilat, di sikat jg ama dia. Pernah dia blg gini, semakin anda sering anda berkelahi di jln, semakin mental n nyali anda di tempa. Jd judul diatas soal ilmu beladiri bisa di tambahkan juga NYALI berperan penting jg untuk pertarungan di jln.

Menurut ane sih semuanya efektif kalau untuk real fight filosofi jkd bisa menghantar kan seseorang menemukan gaya bertarungnya sendiri dengan diimbangi latihan rutin sparring menumbuhkan mental nya agar semakin kukuh dlm bertarung dan melihat situasi bertarung dari respon kita saat bertarung maupun celah untuk menghasilkan kesempatan mengalahkan lawan secepat mungkin,kalau melawan para orang yang udh mahir bela diri itu juga sulit sekali sih -_- karena mereka udh terbiasa sparring mentalnya udh biasa sering bertarung saat latihan maupun d luar (be a water my friend)

Kalo dikeroyok/lawan mempunyai senjata bjj krg efektif

Beladiri paling efektif yah humen enginering. Prilaku sosial.ngapain juga berantem kl bisa di hindari

Ya klo mau tak terkalahkan ya belajar aja semua bela diri yg ada... jadi pas fighting bisa mengalahkan musuh pake banyak cara. Gk usah deh banding2in beladirinya, semua ada batasnya bro. Belum tentu lo bisa kalahin lawan pas udah ber-umur. Apapun bisa terjadi di pertarungan. Kalo seseorang jago tarung karena di ikut suatu bela diri ya udah takdirnya....

Ada gan,rajin2 nonton dan baca ya jgn asal ketik..garry goodridge,diego sanhzez,cella leon,dll. dan ada suwardi yg kmrn menang cm 1 ronde di one pride,kl ga salah lwn karate.

Begini,sy praktisi silat dr umur saya 9 tahun,dan skg sudah 35 tahun,dlm perjalanan itu,sy melewati bbrp tahap lthn silat,dr mulai dasar yg bisa kita lihat di ekstra kulikuler sekolah atau di perguruan2 yg murid2nya msh baru masuk,sampai skg ini,silat asli,adalah silat yg bisa kita lihat di mma atau ufc skg,bahkan kebih brutal,itu knp IPSI membuat aturan silat seaman mungkin di pertandingan resmi (memang jd keliatan kurang menarik),anda harus tahu,knp silat seperti ada tariannya? Dl zaman penjajahan,silat dilarang oleh kompeni krn memakan banyak korban org belanda,nah ltihan silat menjdi sembunyi2,bila ada tentara penjajah lwt,mrk langsung merubah lthn itu seakan2 sedang lthn tari (tokoh silat sumatra yg mengatakan ini bd klik di google),silat yg sesungguhnya yg sy rasakan,sangat efektif untuk real fight,cenderung brutal,sangat cepat,ga ada kembangan (tarian),striking dan ground fighting ada..sangat lengkap,anda mau bljr asal bilang aja ke gurunya,belajar silat praktis,dan...sy jg belajar karate,efektif jg dan lbh menarik untuk kl kita demo di dpn org,sy jg berlatih tinju,judo,tae kwon do,dulu tujuannya hanya 1,terlihat keren..tp berdasarkan waktu berjalan dan pola pikir yg berkembang seiring usia,sy simpulkan silat paling efektif diantara beladiri yg pernah sy pelajari,sungguh..silat ga perlu cape2 melakukan tendangan memutar atau pake jurus perguruan,itu hanya untuk seninya,melestarikan budaya...lihat hugo tronche,dia akhirnya pilih silat,lihat dawid stazarsky akhirnya pilih silat,lihat dan inosanto,murid bruce lee yg skg fokus berlatih,melatih dan mengembangkan silat. Masalahnya,silat seperti kurang dukungan pemerintah,masyarakat dan media untuk perkebangannya..silat itu ada untuk seni ,untuk atlit,dan untuk bela diri,sy sarankan anda belajar atau bertanya ke org yg sudah ahli sekali/senior tentang silat sesungguhnya,sy sudah merasakan,menelaah,membandingkan dlm wkt yg sangat panjang,atau anda kita bs bertemu hanya untuk ngobrol2 dan sharing,sp tau anda bs melatih sy yg sy blm tahu...oh ya,sy jg pernah menyaksikan ahli silat bertarung dgn pencuri yg nekat,pencuri dilumpuhkan tanpa cedera parah,menurut sy,itu yg disebut jago. Dan pesan sy jgn lihat silat dgn apa yg anda lihat selama ini,krn kondisinya memang begitu,dicampur,seninya mungkin lbh menonjol....

Kyokushin gk dimasukkan gan? Padahal itu kl lawan kena sekali pukul bisa fatal akibatnya

Dojo mana nih? Saya juga ikut kyokishin di melion kyokushinkan....

ane setuju gan. dlu guru silat ane ngajarin sana ane. "kalau kamu dijalanan trus kamu dikeroyok, lari, ketempat yang ramai". mantab jiwa :v

Maaf jangan pada berdebat...
Saya disiplin tinju,muaythai dan wushu sanda...
Berdasarkan pengalaman saya berkelahi di jalanan memang lbh efektif...tp ingat gan kalau kita di keroyok tetep aja kalah namanya manusia.dan lbh penting lagi sama2 menghargai beladiri lain...kebetulan saya seorang trainer sering berhadapan dengan beladiri manapun...dan itu membuat kami jadi keluarga saling mengenal satu sama lain...ini kisah nyata...marilah kita bijak dan hargai sesama.jgn jadi jagoan...intinya siapa yg sering rutin latihan setiap hari layaknya atlet dialah yg maksimal.tdk ada orang hebat selain berlatih sabar rutin setiap hari...salam olahraga...

Dan yg lbh penting beladiri di gunakan untuk bertarung dengan orang jahat di jalanan.jadi jgn sembarangan menghajar orang yg tdk tau apa2.itu sangsinya besar apalagi seorang fighter dan trainer dendanya lbh besar dalam jalur hukum.karna kemampuan fisik atlet di luar batas manusia pada umumnya...karna kehidupannya setiap hari hanya latian dan latian.

Kelemahan paling lemah itu apa bro....saat tarung jalanan?? Dada apa rahang?

Osu...

Kyokushin karate terbaik menurut saya.
FULL BODY CONTACT

Hm.. smua trgantung orangx
Slama pikiranx bt hdpi mslh jalanan
Teknik beladiri apa j voleh
Tp ingat
Out of mercy dan lumat habis musuhx y
Jgn smp mreka balik lg

Tapi apakah anda akan menggunakan ground fighting di real street fight? Jawabannya jangan. Sangat berbahaya. Cara terbaik adalah dengan tersenyum dan meminta maaf

Semua tergantung yang Maha Kuasa...
Tidak ada manusia yang hebat...

Ahli silat mati
Legenda kungfu Brucelee juga mati ditembak
Ahli nembak juga mati

Yang hebat itu hanyalah ALLAH SWT.
Klo mo hebat, maka dekat2lah dengan ALLAH SWT

Kalau di ring yang ada wasitnya BJJ sm Muaythai ane pikir . Tapi Efektifitas di jalanan yang tanpa aturan, tujuan nya bikin mati atau lumpuh ane pikir kravmaga & silat paling efektif gan.

Efektif atau tidaknya suatu jenis aliran seni bela diri bergantung dari praktisinya
sehebat apapun beladiri tersebut jika praktisinya malas berlatih maka tentu hasilnya tidak memuaskan
Bergabunglah dengan www.bakatsuper.com untuk lebih mengenal khasanah dunia seni beladiri

tarung derajat bro olahraga yang diciptakan dari pengalaman jalanan

Mas kalo wing chun efektif apa tidak

Silat bukanlah beladiri yang seperti banyakan orang pikirkan
Harus menggunakan tenaga dalam baru beraksi
Jika hal ini terjadi maka silat bukanlah beladiri namanya

Pandangan soal efektifitas saya Rasa silat sudah sempurna Karena di dalam sudah tersalurkan gerakan2 bertahan, maupun menyerang, kuncian, maupun bantingan
Ada beberapa seni beladiri yang memfokuskan pada sebuah serangan,dengan menggunakan kekuatan
Setelah saya fikir2 seni beladiri yang mengandalkan tenaga/kekuatan sedikit lebih lengah dalam bertahan di bandingkan beladiri yang mengandalkan fleksibel tubuh

Wah..wah..
Inilah ' penyakit ' para praktisi bela-diri sejak dulu.. sibuk membela sistem bela-dirinya masing-masing..
Jarang yg punya mental yg bner2 ksatria..yaitu rendah hati dan mengakui kelemahan masing-masing...
Krn bela diri yg sebenarnya paling efektif adalah
Mental-Ksatria & jiwa yg fleksibel..

Yahh.. krn dgn
Mental ksatria & jiwa yg fleksibel itu..
Praktisnya dpt..
-mengalahkan org lain tanpa hrs bertarung fisik..
-memimpin berbagai jenis manusia.. termasuk org2 praktisi bela-diri..
-dihormati lawan & kawan tanpa hrs promisi-diri ato sistem beladirinya (karate,tinju,dll)..
-mencapai kestabilan jiwa & raga..

Nahh.. adapun org2 yg cuma bisa mengandalkan ato suka gembar-gemborkan sistem beladirinya hanyalah pion2 yg bakal mati konyol d jalanan..

Jadi.. tolong camkan itu wahai para praktisi bela diri..

Gua pernah tarung di jalanan tapi gua pakek cara gua sendiri yaitu parkour gua nyelesaiin pertarungan gua dengan habisin stamina lawan gua
Lebih gampang mana??

Orang2 terkuat dan penguasa2 di dunia kbanyakn pake ilmu pengetahuan bukan ilmu bela diri.. street fight?? Gk perlu.. tunggu dlm mobil aja , para ajaduan turun tangan ratain masalah. #No baper.. koment iseng aja.. peace bro.. damai itu lbh indah dari apapun. ��

Coba Cek YouTube ada bocah karateka Lawan 5 orang lebih Dan menang

Eh goblog lu mending liat merpati putih ajjh sono beton ajjh patah apalagi muka lu di jalanan

seberapa kuat engkau mengangkat selimutmu saat adzan subuh memanggilmu???

Dalam real fight mental jauh lebih berperan. Di gelanggang kita bertarung dengan berbagai macam aturan dan dengan lawan yang beratnya sama minimal mendekati. Sedangkan di real fight tidak ada aturan, walau begitu ilmu beladiri tetap memiliki pengaruh signifikan dalam real fight, apapun bela diri-nya jika kita berkelahi akan lebih terarah dalam melakukan gerakan. Saya sendiri pernah belajar Karate tapi saya juga menganggap bela diri lain itu baik. Pernah karena sangat terpaksa saya gunakan di jalanan & hasilnya memang efektif. Kedua kali terpaksa saya gunakan lagi di jalanan, efektif juga, tapi hasilnya saya dipanggil polisi dengan tuduhan pasal 351 kuhp, hehehe. Memang paling enak adalah menghindari konfrontasi kecuali memang sudah benar-benar terpaksa & musuh yg kita hadapi orang jahat.

yg paling hebat itu yg ngga laper, gak ngantuk, gak mati..
Selagi masih lemes klo laper, loyo klo ngantuk, dan akhirnya mati juga ya gak hebat.

Ada banyak aliran silat yh mengandalkan kecepatan, kekuatan, kuncian dan bantingan contoh silat cimande, beksi, psht, silat paseban dan pengasinan dan terakhir silat yg dipelajarin mantan saya cuma saya lupa namanya :v

Ya sekalian aja jadi tuhan lu yg bener aja orang gk mati gk makan gk minum lu pikir tuhan gk perlu makan atau minum

Ada kondisi dimana perkelahian ga bisa dihindari.. orang bisa saja diam saat motornya dibegal..tapi apa anda mau diam saat Istri/adik perempuan anda hendak diperkosa orang?
Kalo ga efektif ga mungkin manusia sejak jaman pra-sejarah bikin cara membela diri.

Sudah" jngn bawa nama aliran silat :),cukup diam aja dan senyumin :),biar yg mengejek kena imbasnya :)

Dari komen2nya kok Kesannya blajar silat jadi banyak musuh -_-

Klo saya pilih kyokushin karena pertarungan kuncian memang efektis jika mungsuhnya 1 orang klo kyokushin itu latih full contact dan terbukti kekuatanya.... Coba liat di you tube semua beladiri yg dilawankan ktokushin pasti kalah....

Klo kyokushin itu satu pukulan langsung ko lawanya ....pengalaman sendiri teknik kyokushin bukan teknik kuncian tapi serangan dan bertahan ....klo di turnamen itu biasanya team medic nya itu ngangur jarang sekali ada cidera orang kyokushin.... Orang tua saya pernah di kroyok 8 orang bahkan 15 orang menang dan tanpa terkena cidera apapun mlah temanya yg 1 nya pingsan karena tidak mempunyai seni beladiri.... Bapak saya itu tubuhnya di pukul pkek tongkat golf kebal gak kerasa..... Rekomendasi tetap kyokushin

sepengalaman saya, klo seorang matang pada dasar beladiri nya. tidak akan timbul gulat kecuali aliran nya gulat. saya sendiri sudah membuktikan nya. klo lawan kita mentah di menit awal saya sudah tau dia mentah. saya ogah menyerang. pasti gulat. saya biarin saja sejarang satu sampai 3 jari dari tubuh. udah gitu berlalu 15menit baru tai otosi main sekali banting.

perhatikan gerak mu saat latihan. sampai benar benar mata mu tidak dapat mengikuti kecepatan gerakan mu. hehe

Gan, kalo belajar gulat lama kelamaan homreng ga tuh gan? ??

gracie klo di berondong pake senapan mesin pasti KO juga deh meski dia masternya bjj sekalipun wkwkwk

mas viktor ibanez.. yg paling hebat itu tentara dengan senapan mesin.. dijamin.. se ahli apapun mas viktor di bantuin 10 orang juga pasti KO dalam itungan detik.. wkwkwk

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Saya praktisi karate bang ,kalo menurut saya karate sangat berbahaya kalo bener bener mengalaminya ,kalo saya sih mengikuti aliran karate kyokushin full body contacts ,jadi sudah biasa tarung jarak dekat ..kalo mau lebih tau bisa searching di google karate kyokushin

Osu ,saya juga praktisi karate aliran kyokushin ,kami biasa tarung jarak dekat karena kami sistem nya full body contanct

BELADIRI PALING EFEKTIF ITU ADALAH KASIH DUIT

Ufc 1 sampai ufc 8 arena pembuktian bela diri mana yg paling efektif. Hasilbya wrestling dan BJJ yg selalu juara. Peserta yg diundang yg terbaik dibidangnya seperti juara dunia karate, silat, kungfu, taekwondo dll jg turut diunfang. Semuanya tiarap sama pegulat dan BJJ. Bahkan pegulat yg diundang bukan juara dunianya hanya peringkat 10 besar dunia. Setelah itu baru era MMA dimulai, semua peserta mempelajari gulat dan BJJ dulu sebelum terjun ke UFC apakah dia dari karate, taekwondo,kick boxer, kungfu harus belajar gulat dan BJJ dulu kalau tak mau babak belur. Tetapi tetap saja yg basicnya gulat dan BJJ yg palinh sering juara.

Karate kyokushin itu cukup mematikan karena saat fight di tempat latihan pun mereka full body contact dan menurut saya efektif digunakan di real street fight

Bor maaf nih saya praktisi silat saya merasa tersinggung dengan omongan lu menurut gue pencak silat adalah beladiri mematikan Knp IPSI memberi peraturan pada pertandingan karena terlalu berbahaya jika tidak ada peraturan,mungkin kalau diliat silat itu lemah tp jika anda belajar lebih jauh lg silat sangat mematikan untuk real fight karena gerakan nya yg simpel dan cepat begitu juga dengan karate saya juga pernah mempelajari karate INKAI dna jika di pelajari lebih jauh itu sangat mematikan...SALAM IPSI DARI MERPATI PUTIHπŸ™πŸ™

Taekwondo nggak efektif kah?

Beladiri yang efektif itu langsung tendang kontolnya langsung win

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Tahun baru telah menanti kita semua, menjelang akhir tahun kami S1288poker akan membagikan Free chips untuk anda semua member setia S1288poker. Mau chips gratis? dan hadian nya?
Mari bergabung sekarang juga hanya DI S1288poker

untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
BBM - 7AC8D76B
WA - 08122221680
LINE : S1288_POKER

Salam JP
by S1288poker.


Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
Perkenalkan Kami Adalah Bandar Togel Terpercaya .
Menang Berapa Pun Akan Kami Bayar !!
Nikmati Fasilitas Exclusive Dari Kami :
Pasaran 5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah .
Minimal Depo 20rb & WD 50rb
Togel Online : WWW.AREATOTO.NET
Mudah Di Akses Dari Berbagai Gadget .
Layanan CS Yang Ramah Dan Online 24 Jam Setiap Hari Nya .
Jangan Pusing Lagi Boss .
Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
Informasi Lebih Lengkap di AREATOTO

Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..

Ijin copy paste, gan...
Silahkan artikelnya sudah diposting melalui komukote.id

@victor ibanez, mas victor, klo umur 28 tahun masih bisa belajar tinju seperti petinju professional gak? Saya sih udah tau basicnya, dan saya terus2an pukul samsak yg 20kg dihalaman rumah dalam 3menit/5 Rounde tanpa sarung tangan. Saya juga udah bisa pecahin bata ringan hebel yg ukuran 8 dalam 1 detik dengan knuckle/fist saya (karna saya fokus boxing). Kepalan tangan saya yg kiri dan kanan udah berbentuk bulet keras di telunjuk dan manis. Temen saya sih bilangnya pukulan saya termasuk cepat dan keras ketika melihat rekaman video saya. Mohon balasannya yah

Bela diri paling efektif adalah pijakkan telornya auto win

Aduh @victor ibanez SOK PAHAM 😁 Salam saya praktisi silat dan juga taekwondo... meskipun saya belajar taekwondo tp saya membantah kalo anda blg kaki lebih efektif dari tangan..Waduh gila banget gaan... cara berfikirnya dangkal banget... mentang² kita selalu menggunakan kaki berarti dia sdh mengira kaki jauh lebih keras dari tangan.. kalo di bilang lebih efektif tangan lah bro.. lu kali gak pandai skill tangan.. kaki itu emn keras tapi belum tentu efektif.. kaki memerlukan kelenturan, ke ringanan agar kencang,dan itu harus di latih tiap hari,makanya brece lee berkata "saya lebih takut dengan orang yg melatih 1 teknik tendangan 1000/hari dari pada orang yg punya 1000 teknik tendangan hanya di latih 1 perharim. Itu artinya mesti di latih.. mungkin anda blm liat tangan ini bisa menjadi pisau, atau menjadi betok yg membuat orang mati..

Benar gan.. semua yg mas bilang itu betul, mau bjj,judo, aikido, kick boxing.. namun mereka memasukan silat karena di silat semua ada mas πŸ˜„ jadi bantingan, kuncian,pukulan dan tendangan ada, jadi kena nya silat dimana ? Karate nya ada,taekwondo nya ada, judo dan siku lutut muay thai ada,kami walaupun secara peraturan tidak boleh melompat,memutar tendangan sepert karate dan taekwondo tapi kami bisa melalukan secara pribadi,karena bela diri ini insting.. dan saya jg blg walaupun ada seorang praktisi karate secara insting saya yakin pasti beliau bisa melakukan kuncian walaupun tak d pelajari.. jadi kesimpulan saya apapun beladiri itu sama apalagi di jaman modern ini, intinya bagaimana kecerdasan iq, kecepatan, program latihan dan felling seorang beladiri. Kalau cerita banding² in bela diri itu OMONG KOSONG,mau pun kita silat belajar kuncian, kalau kita lambar keburu lewat sama lawan,karena silat itu menyatu dalam rasa bukan kekakuan atau kekerasan tapi bersifat MAMATIKAN ,

This comment has been removed by the author.

ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
? Yamaha Aerox 155 VVA R-Version ( Senilai Rp.25.340.000,- )
? ACER PREDATOR Nitro 5 AN515-52 ( Senilai Rp.11.699.000,- )
? Free Chips 1.500.000
? Free Chips 1.000.000
? Free Chips 250.000

SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI

DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

=> Bonus Cashback 0.3%
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
=> Bonus New Member 10%
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

• Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
• Pusat Bantuan ituDewa

Facebook : ituDewa Club
Line: ituDewa
WeChat : OfficialituDewa
Telp / WA : +85561809401
Livechat : ituDewa Livechat

beladiri yg terbaik itu jkd ditambah pistol..pake segala cara utk menang untuk selamat spt sharan Bruce Lee...kalau perlu tembak2 in aj semua lawannya.. dor!...daripada lu masuk ugd dikeroyok..atau mati


EmoticonEmoticon